oleh

UT Sediakan Bahan Belajar Lengkap Di Website Suaka

PENASULTRA.COM, KENDARI – Universitas Teruka (UT) merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri yang diberikan mandat oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidiakan Tinggi (Kemenristek Dikti) untuk melaksanakan perkuliahan jarak jauh dan terbuka.

Sebagai kampus yang menerapkan sistem perkuliahan jarak jauh, UT terus melakukan berbagai upaya untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswanya dalam menjalankan studinya.

Salah satu hal yang dilakukan yaitu menyiapkan bahan pembelajaran secara online di Sumber  Pembelajaran Terbuka (SUAKA). Website ini dapat diakses seluruh mahasiwa UT bahkan masyarakat umum.

“Kalau buku bisa langsung buka website UT, di situ sudah disediakan semua, namanya Suaka,” kata Efendi, Direktur UT Kendari saat ditemui di ruang kerjanya baru-baru ini.

Ia menjelaskan, website SUAKA dapat diakses secara umum dan gratis untuk semua lapisan masyarakat. Tidak terbatas hanya untuk mahasiswa UT saja.

Dan di situs itu, sebut Efendi, mahasiswa dapat mengakses UT TV,  Radio, serta Guru Pintar Onliine (GPO). Namun hanya mahaiswa UT yang dapat mengakses modul yang ada di webiste UT.

“Setelah membayar uang semester, mahasiswa UT langsusng mendapatkan kata sandi untuk mengakses seluruh aplikasi di dalam  website UT, termasuk contoh-contoh artikel dan jurnal sudah lengakap  semua,” sebutnya.

Di tengah tingginya animo masyarakat untuk berkuliah di UT, tambah Efendi, pihaknya terus berupaya menjadikan UT sebagai solusi yang paling tepat mengenyam pendidikan. Misalnya ketika lulus SMA seseorang bisa bekerja di mana saja untuk meringankan beban orang tua sambil tetap menjalankan pendidikannya di jenjang S1.

“Sehingga memang UT itu adalah solusi yang paling tepat apalagi di erah digital ini,  tidak bisa dihindari. Dan di era revolusi industri 4.0 ini cukup  pakai HP android berkuliah di UT itu keren” tutupnya.

Penulis: La Ode Husaini
Editor: Faisal

NEWS FEED