oleh

Wabup Wakatobi Kagumi Pengelolaan Sampah yang Dilakukan AKKP

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, WAKATOBI – Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud mengaku kagum dan tertarik soal pengelolaan sampah yang dilakukan Akademi Komunitas Kelautan Dan Perikanan (AKKP).

Pasalnya, penerapan pola pengelolaan sampah secara berkelanjutan tersebut mampu mengurangi sampah terutama sampah plastik di Wakatobi.

“Ide adik-adik taruna/ni AKKP Wakatobi benar-benar cemerlang mampu menghasilkan pupuk organik, kompos, ekobrik, pakan ternak/ikan, sabun kecantikan dari hasil pengolahan sampah ini,” tutur Ilmiati Daud usai menghadiri kegiatan pelatihan pengolahan sampah berkelanjutan bagi masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil menuju Wakatobi sebagai destinasi wisata bebas sampah beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Kompak Putih-putih, Haliana-Ilmiati Ambil Formulir di PDIP Wakatobi

Ia berharap, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bisa bersinergi dengan AKKP untuk melakukan terobosan baru dalam upaya pengurangan sampah secara berkelanjutan.

“Karena di Wakatobi sendiri limbah rumah tangga khususnya sampah masih belum mampu ditangani denga baik, padahal kita pernah punya mesin pengolah sampah tapi akhirnya juga mesin tersebut tidak bisa maksimal karena sekarang sudah rusak,” terangnya.

Baca Juga:  LAN Makassar-Pemkab Wakatobi Kerja Sama Bentuk Laboratorium Inovasi

Menurut mantan Pegawai Bappeda Sultra ini, jika pengolahan sampah secara berkelanjutan bisa diaktualisasikan di Wakatobi, ia yakin sampah dapat berkurang secara signifikan dan menjadi peluang ekonomi bagi masyarakat.

Untuk diketahui, dalam rangka mengkampanyekan pengelolaan sampah berkelanjutan, sebagai langkah awal AKKP melakukan pelatihan di Desa Kapota dan Kabita untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan sampah.(b)

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED