oleh

Wow, Turis Mancanegara Tiap Bulan Kunjungi Pantai Meleura

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, MUNA – Visi Bupati Muna LM Rusman Emba bersama wakilnya, Abdul Malik Ditu dalam mengembangkan sektor wisata rupanya dipahami dan diimplementasikan dengan baik oleh Kepala Desa (Kades) Lakarinta, Kecamatan Lohia, La Riamin.

Berbekal pengalaman yang dimilikinya, Riamin mampu mengembangkan permandian Pantai Meleura menjadi salah satu obyek wisata yang dilirik wisatawan lokal, maupun mancanegara.

“Sudah ada agenda rutin bulanan turis asing dari Tunisia, Jerman, Prancis bahkan Amerika. Itu sudah ada sejak festival Pantai Meleura,” ungkap La Riamin saat ditemui di lokasi Pantai Meleura, Minggu 14 Oktober 2018.

Secara gamblang Riamin menyebut salah satu program unggulan pemerintah daerah dalam meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. Katanya adalah, sektor wisata.

Guna memancing minat para wisatawan, kata dia, tentu segala fasilitas wajib diadakan. Untuk itu melalui bantuan dana Kementerian Desa sebesar Rp130 juta, pihaknya telah membangun fasilitas mandi, cuci dan kakus (MCK) serta tempat sepul air tawar.

Baca Juga:  Pantai Nambo Momahe, Dulu Dikenal Angker Kini Digemari Banyak Wisatawan

Bukan saja itu, dana sebesar Rp190 juta yang berasal dari Kementerian Desa digunakan untuk pembangunan jalan setapak sepanjang 125 meter sebagai penghubung kawasan wisata sekitar.

Selain itu, lanjut Riamin, Dana Desa (DD) sebesar Rp140 juta juga diporsikan untuk pengadaan 1 unit banana boat, speed penarik dengan mesin berkapasitas 40 PK dan 4 unit perahu bebek.

“Alhamdulillah, sejak adanya ini, pendapatan asli desa kita sudah ada sekitar Rp40 jutaan pertahun. Dan Insya Allah tahun-tahun berikutnya kita upayakan genjot lagi. Dan kita yakini kita bisa mandiri,” ucapnya penuh optimis seraya mengungkapkan bahwa anggaran tahap III nanti bakal diporsikan untuk pembelian flying fox.

Baca Juga:  Ini Alasan Pemkot Kendari Belum Sediakan Layanan Wi-fi di Pantai Nambo

Riamin menyakini, dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, pendapatan masyarakat Desa Lakarinta pasti ikut mengalami peningkatan.

Salah satu spot pesona Pantai Meleura. FOTO: Sudirman Behima

Sebelumnya, warga Desa Lakarinta banyak yang merantau keluar daerah Muna. Namun, setelah adanya obyek wisata yang dikelola sendiri oleh masyarakat setempat, tidak sedikit warga memilih untuk tinggal dan berusaha di kampung halaman.

“Alhamdulillah apa yang kami rencanakan dapat dukungan bupati Muna. Beliau sangat respon dengan apa yang kami lakukan. Beliau banyak berpikir, banyak membantu dan berkontrubusi, memberikan ide-ide bagaimana potensi wisata yang ada disini bisa bersaing seperti daerah lain,” tutur Riamin sembari menambahkan, 2019 mendatang, pihaknya berencana membangun sebuah home stay di kawasan Pantai Meleura yang desainnya mengadopsi budaya Muna.(a)

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED