oleh

1.050 Saksi NasDem Kolaka Siap Kawal Suara AMAN

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KOLAKA – Sebanyak 1.050 saksi asal Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Kolaka siap mengawal keamanan suara
calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) di Bumi Mekongga, Kolaka.

Mereka akan ditempatkan diseluruh tempat pemungutan suara (TPS) se Kabupaten Kolaka yang berjumlah 525 TPS.

“Untuk memantapkan kesiapan para saksi, hari ini DPD Partai NasDem Kolaka memberikan bimbingan teknis (Bimtek) yang digelar serentak di 12 kecamatan se Kabupaten Kolaka,” ungkap
Sekertaris DPD NasDem Kolaka, Sumardin, Senin 25 Juni 2018.

Baca Juga:  Gerbong Rajiun Tak Masuk Caleg, Ketua NasDem Mubar Disebut Pengkhianat

Sumardin menjelaskan, tugas utama saksi adalah memastikan semua proses pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara berjalan sesuai aturan perundang-undangan. Melalui Bimtek para saksi dibekali pemahaman regulasi Pemilu sehingga saat menjalankan tugas dalam TPS mengetahui hak dan kewajiban saksi.

“Saksi AMAN ditugaskan dua orang dalam satu TPS. Ada yang di dalam dan di luar TPS. Mereka telah digembleng agar memiliki militansi untuk memenangkan dan mengawal hasil perolehan suara pasangan AMAN di setiap TPS,” terangnya.

Baca Juga:  Rebut Suara Akar Rumput, AMAN Gerakkan Timnya Bagi Profil

“Hasil perhitungan suara, saksi wajib mengambil dokumen form C1-KWK yang asli dari TPS. Setelah itu, saksi melaporkan hasil rekapitulasi suara melalui handpone ke data centre untuk dilakukan hitung cepat (quick count),” tandas Sumardin.(b)

Penulis: Kaulia Akansoro
Editor: Ridho Achmed

Komentar

NEWS FEED