oleh

500 Penari Kolosal Peragakan Budaya Maritim Wakatobi

PENASULTRA.COM, WAKATOBI – Sebanyak 500 penari kolosal memperagakan budaya maritim dalam pembukaan Wakatobi Wonderful Festival and Expo, yang digelar di Marina, Wangiwangi 11 – 13 November 2019.

Tarian kolosal dari empat pulau di Kabupaten Wakatobi, masing – masing memperagakan ciri khas budaya maritim kepulauan, Wangi – Wangi dengan tarian lengko, Kadelupa memperagakan tarian lariangi, Tomia sajo moane, Binongko memperagakan tarian balumpa.

Sebelum tari kolosal digelar, pengunjung disajikan parade kasoda’a dan pawai budaya yang diikuti kurang lebih 8.000 peserta.

Baca Juga:  Kemendikbud Gelar Nobar Film Pendidikan Karakter Anak di Wakatobi

Untuk diketahui, Wakatobi Wave sudah berlangsung selama lima tahun berturut-turut. Wakatobi Wave kali ini mengangkat tema “Marina Togo Mowondu” yang artinya Marina (Wakatobi) kota yang Indah.

Bupati Wakatobi, Arhawi berharap meski Wakatobi Wave merupakan agenda Menpar RI dalam mempromosikan pariwisata nasional, kedepan Pemprov Sultra dapat mensuport ivent tahunan ini, dalam rangka memajukan pariwisata Wakatobi.

“Wakatobi Wave ini merupakan puncak festival yang sudah digelar di semua pulau sebelumnya,” ujar Arhawi.

Baca Juga:  Ali Mazi Sarankan Pengelolaan Sampah dengan Sistem 3R

Di tempat terpisah, Deputi pengembangan pemasaran 1 kemenpar RI, Rizky Handayani memuji penampilan tari kolosal yang menampilkan tradisi budaya maritim. Akan tetapi, ia menyarankan agar mengevaluasi parade budaya yang cukup memakan waktu.

“Tari kolosalnya sudah bagus, enak ditonton wisatawan. Saran saya untuk parade budaya durasi waktunya jangan terlalu panjang”, sarannya.(b)

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Mila

NEWS FEED