Ali Mazi Sarankan Pengelolaan Sampah dengan Sistem 3R

138
KPU Kota Kendari

PENASULTRA.COM, WAKATOBI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi meminta semua pemangku kepentingan agar menunjukkan kepedulian dalam mengelolah sampah secara terintegritas melalui penerapan 3R, yakni Reduce, Reuse, Recycle.

Hal itu disampaikan orang nomor satu di Sultra itu saat menggelar acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 di Pantai Marina, Kabupaten Wakatobi, Minggu 10 Maret 2019.

“Reduce yakni mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Reuse adalah menggunakan kembali sampah untuk fungsi yang sama atau fungsi yang lain. Sedangkan recycle yakni mengelola kembali atau daur ulang sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat,” jelas Ali Mazi.

Ia mengatakan, secara geografis, 78 persen wilayah Sultra terdiri dari pesisir pantai dan laut. Kondisi ini menyebabkan wilayah Sultra memiliki banyak potensi alam.

Namun, kata Ali Mazi, jika potensi yang dimiliki daerah tidak diikuti dengan upaya pengendalian, pemanfaatan dan perbaikan kualitas lingkungan, utamanya optimalisasi pemgelolaan sampah, maka bukan hal yang mustahil dampak limbah atau sampah akan menjadi masalah lingkungan seperti pencemaran dan bencana alam.

“Seperti yang belum lama ini, ikan paus mati karena sampah plastik,” sebutnya.

Di tempat yang sama, Bupati Wakatobi, Arhawi juga mengungkapkan pentingnya menjaga kebersihan sekitar. Ia mengingatkan agar setiap masyarakat membatasi penggunaan berbahan plastik.

“Agar sampah plastik berkurang,” singkatnya.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Sal

Berlangganan Berita kami
Daftar di sini untuk mendapatkan berita, pembaruan, dan penawaran khusus terbaru yang dikirimkan langsung ke email Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja
Komentar
Loading...