Asosiasi Penambang Lokal – Konawe Utara Resmi Terbentuk

Pena Kendari133 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan produksi nikel Indonesia, para penambang lokal Kabupaten Konawe Utara (Konut) sepakat mendirikan sebuah wadah bersama yang bernama Asosiasi Penambang Lokal – Konawe Utara (APL-KU).

APL-KU ini terdapat 40 Kontraktor lokal asli Konut berdasarkan semangat bersama mendorong produksi nikel secara massif melalui para pelaku-pelaku usaha di  bidang pertambangan khususnya di Kabupaten Konut.

Ketua umum APL-KU, Ebit menyampaikan kedepan APL-KU ingin memberikan peluang kepada pelaku usaha di wilayah pertambangan khususnya Konut agar ikut andil untuk bisa mengelola Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Konut salah satunya di Blok Mandiodo, Morombo dan Matarape yang berada di wilayah IUP resmi.

“Dengan hadirnya Asosiasi APL-KU bagaimana membawahi semua para pelaku usaha dibidang kontraktor mining dan memiliki Izin Usaha Jasa Pertambangan (IUJP) yang terdaftar dalam peraturan perundang-undangan, kita membawahi itu agar semua bisa melakukan giat untuk bekerja,” jelas Ebit saat jumpa pers disalah satu hotel ternama di Kendari, Jumat, 25 November 2022.

Kata Ebit, dengan hadirnya APL-KU ini bisa memberikan pemberdayaan lokal sekaligus membantu negara memberikan dampak positif seperti perekrutan pekerja sehingga dengan adanya APL-KU ini dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di lingkar tambang.

“Target kita agar semua pelaku usaha bisa terlibat mendapatkan usaha pertambangan itu sendiri,” terangnya.

Wakil ketua Satu APL-KU, Hendrik menambahkan salah satu tujuan pokok asosiasi ini adalah wadah yang disiapkan dalam hal untuk mengakomodir semua teman-teman pengusaha lokal khususnya yang bergerak di bidang pertambangan di Konut.

“Wadah ini kita ciptakan bukan hanya penambang lokal saja, ke depan insyaallah kalau kita sudah berjalan semua maka pasti kita juga akan merekrut tenaga-tenaga kerja yang nantinya itu akan ada didalam naungan perusahaan-perusahaan yang tergabung di asosiasi,” tutur Hendrik.

Sementara itu wakil ketua dua APL-KU Iqbal menjelaskan, sejak di deklarasikan tadi ini, secepatnya akan berkegiatan dengan tujuan bahwa ini adalah wadah pengusaha lokal Konut yang mempunyai badan hukum yang jelas.

“Kami berharap perusahaan-perusahaan tambang pemilik IUP resmi di Konut dapat memberdayakan APL-KU ini sebagai meitra kerja, sehingga kedepan kita bisa berkontribusi terhadap pembangunan daerah serta kesejahteraan ekonomi masyarakat dan pembangunan manusia,” harapnya.

“Dengan hadirnya APL-KU ini sebagai wadah yang dipimpin oleh saudara kita Ebit dan semua kepentingan-kepentingan usaha kita coba akumulasi menjadi sebuah kepentingan bersama, saatnya kita sendiri anak daerah yang bisa mengelola daerah kita sendiri utamanya di bidang pertambangan,” tambah Iqbal,

Penulis: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *