oleh

Bergerak Cepat, BLK Kendari Buka Sembilan Paket Pelatihan Tahap I Tahun 2022

-Pena Kendari-331 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Merealisasikan amanah Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ibu Ida Fauziyah, agar berpikir cerdas, bergerak cepat serta bertindak tepat dan cermat, Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari di awal tahun 2022 membuka sembilan paket Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Tahap I di Aula Serba Guna BLK Kendari, Senin, 10 Januari 2022.

Sembilan paket tersebut dibuka Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H Ali Mazi SH yang diwakili Asisten III Setda Provinsi Sulawesi Tenggara Dr Ir Sukanto Toding, dan turut di hadiri Danlanud Haluoleo Kolonel Pnb A. Ferdinand Picaulima, yang mewakili Danrem 143 Haluoleo, Danlanal Kendari, Kapolres Kendari, Kepala BNN Provinsi Sultra, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sultra, Kepala BPP Kendari Mashur Malaka, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis Dikbud) Sultra, Pimpinan Stasiun LPP RRI Kendari, Pimpinan LKBN ANTARA Sultra, Kadis Nakertrans Kabupaten Kolaka, Ketua FKLPI, perwakilan pimpinan GP Ansor, dan Ketua Umum Pengurus Wilayah IKA PMII Sultra.

Dalam sambutannya, Gubernur Sultra H Ali Mazi sangat mengapresiasi kerja BLK Kendari yang begitu peduli tehadap peningkatan kompetensi masyarakat Sultra, khususnya para angkatan kerja. Hal ini dibuktikan dengan dibukanya kembali pelatihan berbasis kompetensi pada awal tahun, yang biasanya baru dilakukan pada Februari.

“Kondisi seperti ini patut diapresiasi dan dijadikan contoh untuk semua, karena bergerak cepat dan bertindak tepat untuk kemaslahatan orang banyak,” sebutnya.

Ia menjelaskan, BLK Kendari merupakan salah satu unit pelaksana teknis pusat Kemnaker RI yang memiliki peran penting untuk mengurangi angka pengangguran melalui pelatihan berbasis kompetensi. Peranan tersebut sejalan dengan visi dan misi Pemprov Sultra untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia yang ada di Sultra.

“Sebagai Gubernur Sultra, saya menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi Kemnaker RI melalui BLK Kendari di bawah komando adinda saya Dr La Ode Haji Polondu bersama jajarannya, yang telah berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas SDM masyarakat Sultra melalui berbagai pelatihannya, mulai dari pelatihan berbasis kompetensi institusional dan non institusional,” jelasnya.

Orang nomor satu di Sultra ini juga berharap, agar 144 peserta pelatihan yang kini sedang menjalani proses pelatihan, dapat menjadi angkatan kerja yang kompeten, kreatif, inovatif, serta mampu beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan zaman yang semakin cepat dan dinamis, apalagi tantangan meraih hal itu cukup besar sebagai akibat revolusi industri dan bonus demografi.

”Saya sangat berharap, para peserta pelatihan ini bersungguh-sungguh dalam mengikuti semua proses pelatihan, sehingga kelak menjadi angkatan kerja yang kompeten dan dengan modal itu dapat menolong dirinya sendiri, keluarga serta berkontribusi dalam pembangunan ketenagakerjaan di Sultra,” tandasnya.

Terkait kegiatan yang dilakukan BLK Kendari, Danlanud Haluoleo Kolonel Pnb A. Ferdinand Picaulima, S.Sos juga secara langsung memberikan apresiasinya kepada Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu dan jajarannya yang terus bergerak menciptakan angkatan kerja kompeten di Sultra.

“Jujur, apa yang dilakukan pak La Ode bersama keluarga besar BLK Kendari, sangat luar biasa dan kami sangat mengapresiasi hal ini. Menciptakan angkatan kerja yang kompeten bukanlah hal muda, karena hal itu butuh perjuangan dan kerja keras yang masif. Saya berharap, ke depan kami bisa bersama-sama dan bekerjasama untuk meningkatkan sumber daya manusia yang ada di Sultra,” tuturnya sebelum meninggalkan Aula Serba Guna BLK Kendari.

Sementara itu, Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu dikonfirmasi terkait pelatihan yang diselenggarakan menuturkan, jika pelatihan yang dibuka kali ini diikuti 144 peserta yang terbagi di delapan paket pelatihan non boarding atau pelatihan yang siswanya hadir di BLK Kendari namun tidak di diasramakan dan satu paket pelatihan boarding atau pelatihan yang siswanya hadir di BLK Kendari dan di diasramakan.

“Untuk pelatihan non boarding terdiri dari kejuruan tata rias pengantin hantaran, asisten pembuat pakaian, pengelolaan administrasi perkantoran, juru ukur, desain grafis madya, computer operator assistant, service sepeda motor injeksi, dan teknisi telepon seluler perangkat keras, sementara untuk boarding yaitu pemasangan pembangkit listrik tenaga surya off gird. Setiap kejuruan diikuti 16 peserta pelatihan,” paparnya.

Mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kemnaker RI menambahkan, berdasarkan hasil rapat pimpinan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan RI pada pertengahan Desember 2021 yang lalu, untuk tahun 2022 ini Alumni Pelatihan BLK Kendari yang harus diterima di pasar kerja dan berwirausaha secara mandiri minimal 68 persen dari seluruh peserta pelatihan yang dilatih BLK Kendari selama satu tahun. Hal ini, menjadikan kami Keluarga Besar BLK Kendari mesti lebih optimal dalam bekerja dan membangun sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak agar target tersebut bisa dicapai.

“Insya Allah target itu bisa kita capai, sebab sejauh ini, kami telah banyak melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk bisa memberdayakan alumni peserta pelatihan, selain itu kami juga telah banyak melakukan koordinasi dengan berbagai pihak termasuk pimpinan daerah diberbagai wilayah di Sultra untuk lebih memperhatikan alumni BLK Kendari. Alhamdulillah, respon mereka semua sangat positif,” jelasnya.

Orang nomor satu di BLK Kendari juga menambahkan, terkait BLK Kendari menuju taraf internasional, hal itu menjadi cita-cita dan niat kami dan InSyaa Allah bisa kami diwujudkan, apalagi Gubernur Sultra H Ali Mazi SH beserta jajarannya, serta Ketua DPRD Sultra H Abdurahman Saleh beserta anggota DPRD Sultra sangat mendukung akan hal itu.

Demikian pula dalam Kunjungan Kerja Ibu Menteri Ketenagakerjaan RI di BLK Kendari akhir November 2021 yang lalu juga menyampaikan secara langsung tentang rencana meningkatkan status BLK Kendari bertaraf internasional, sebagai bentuk respon beliau terhadap permintaan dan sekaligus dukungan Gubernur beserta masyarakat Sulawesi Tenggara agar BLK Kendari semakin maju dan memberikan manfaat bagi kemajuan pembangunan daerah terutama pembangunan bidang ketenagakerjaan di Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Salah satu bukti nyata dukungan itu, ialah dengan perluasan lahan BLK Kendari dimana atas persetujuan Gubernur Sultra dan restu dari DPRD Sultra, BLK Kendari mendapatkan hibah lahan seluas 4,58 hektar yang telah diserahkan secara Resmi kepada Ibu Menteri Ketenagakerjaan RI pada tanggal 26 November 2021 yang lalu. Kita sendiri dalam upaya mewujudkan hal ini, mulai melakukan penataan, baik itu dari segi administrasi, tata kelola gedung dan workshop pelatihan sertabsegala hal yang diperlukan yang berkaitan dengan upaya mencapai status tersebut,” tutupnya.

Editor: Husain

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait