oleh

Bersama DLH, Satgas TMMD 109 Kodim 1416/Muna Gelar Penyuluhan Lingkungan

-Pena Daerah-141 views

PENASULTRA.COM, MUNA – Sejumlah personil tergabung dalam Satgas TMMD ke-109 Kodim 1416/Muna bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muna memberikan penyuluhan Lingkungan Hidup yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Desa Bone Lolibu Kecamatan Bone, Kabupaten Muna, pada Selasa, 6 Oktober 2020.

Ali Usman, Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Lingkungan Hidup Kabupaten Muna mengajak kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan dan memanfaatkannya dengan baik.

“Mari kita sama-sama menjaga lingkungan dan memanfaatkannya secara bijak sehingga bisa kita wariskan kepada anak cucu kita. Pengolahan lingkungan yang tidak tepat tentu akan merugikan kita di masa mendatang,” ujarnya.

Selain itu, kata dia jika lingkungan rusak dapat menyebabkan perubahan iklim dan bencana seperti banjir dan tanah longsor. Sehingga suatu saat nanti sungai bisa tercemar dan menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat.

Ia juga menghimbau kepada warga untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah secara sembarangan. Sebaiknya sampah dikelola secara bijak.

“Mari kita lakukan pemilahan sampah organik dan non organik. Jika tidak maka sampah dipastikan juga bisa menjadi sumber bencana bagi kita. Terutama sampah plastik yang tidak bisa terurai. Jangan pernah menjadikan sungai sebagai lubang sampah, karena Sungai merupakan masa depan kita sampai ke anak cucu,” tegasnya.

Ditempat terpisah, Pasiter Kodim 1416/Muna Lettu Arh Sarifuddin mengatakan pelaksanaan kegiatan Penyuluhan Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini merupakan salah satu kegiatan sasaran non fisik dari kegiatan TMMD 109 yang sedang berlangsung di Desa Bone Lolibu.

“Dengan tujuan bahwa perlunya kita menjaga lingkungan dan hutan yang ada ditempat kita masing-masing demi menjaga kelestarian alam dan mempertahankan ekosistem yang ada,” pungkasnya.

Menurut dia, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran tentang perlunya menjaga lingkungan hidup dan melestarikan hutan yang ada sebagai warisan yang harus dijaga demi kelangsungan hidup para generasi muda yang akan datang.

Sementara itu, Pj Kepala Desa Bone Lolibu Pipo Indrawati Kadir menyampaikan terima kasih atas partisipasi satgas TMMD 109 dalam pemberian penyuluhan Lingkungan Hidup serta penyelenggaraan rehab Masjid dan pembuatan Drainase yang sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat.(b)

Penulis: Husain

NEWS FEED