oleh

BI Sultra: November 2019, Uang Yang Diedarkan Capai Rp4,3 T

-Pena Kendari-285 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Selain mendorong transaksi non tunai, Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus berupaya konsisten melayani kebutuhan uang untuk transaksi tunai.

Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang tunia, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas uang yang diedarkan.

Kepala Kantor Perwakilan BI Sultra, Suharman Tabrani menyebutkan, saat ini BI telah memiliki dua lokasi kas titipan untuk mendukung pengedaran uang di wilayah Sultra. Masing-masing di Kabupaten Kolaka dan Kota Baubau.

Tidak hanya melalui perbankan, layanan langsung kepada masyarakat juga berikan melalui kas keliling yang menjangkau hingga wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) di Sultra.

“Jadi semuanya kita jangkau,” kata Suharman dalam pertemuan tahunan BI di salah satu hotel di Kendari, Rabu 11 Desember 2019.

Disebutnya, hingga November 2019, jumlah uang yang diedarkan di Sultra tercatat mencapai Rp4,3 triliun. Meningkat 17,9 persen dari tahun 2018.

Sejalan dengan upaya menjaga kualitas uang beredar di masyarakat, kata Suharman, pihaknya juga telah memusnahkan sebanyak Rp1,3 triliun.

“Atau turun sebesar 26,3 persen dibandingkan 2018,” tuturnya.

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Faisal

NEWS FEED