oleh

BI Sultra Sosialisasikan GPN di UHO

PENASULTRA.COM, KENDARI – Usai dilaunching 26 Juli 2018 lalu, Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) gencar melalukan sosialiasi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

GPN atau National Payment Gateway (NPG) adalah sebuah sistem yang menghubungkan seluruh alat pembayaran (kartu debit, kartu kredit, atau uang elektronik) dengan mesin/perangkat transaksi pembayaran seperti ATM, mesin Electronic Data Capture (EDC), atau kanal pembayaran lainnya.

Sederhananya, seluruh Nasabah bisa melakukan transaksi offline  seperti pembayaran, transfer uang, atau tarik tunai tanpa biaya di semua mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau Electronic Data Capture (EDC) mana pun yang berlogo GPN di seluruh Indonesia.

Senin 16 September 2019, BI Sultra sosialisasikan GPN kepada mahasiswa dan instansi pemerintah di Aula Mokodompit Universitas Halu Oleo (UHO).

Baca Juga:  Dinilai Bermasalah, UKT UHO Diprotes

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sultra, Suharman Tabrani mengatakan, sosialisasi GPN merupakan program nasional. Hal itu dimaksudkan agar sampai pada waktu yg ditentukan, yakni 1 Januari 2022 mendatang, seluruh masyarakat Sultra dapat menggunakan kartu ATM berlogo GPN.

Disebutnya, dari sosialisasi yang dilakukan bersama 12 bank partner di Sultra, GPN sudah tertukar lebih dari 300 ribu ATM.

“Angka ini masih mencakup 12 persen dari total tabungan atau rekening yang ada di Sultra yang saat ini sekitar 2,4 juta,” kata Suharman.

Sementara itu, Rektor UHO, Zamrun menyatakan akan terus mendukung untuk mensukseskan program GPN. Yakni dengan melakukan sosialisasi di tingkat mahasiswa sebagai perpanjangan tangan dari BI.

Baca Juga:  MES Sultra Resmi Dilantik, Lukman Abunawas: Pemprov Siap Dukung

“Kami dukung penuh, kalau di kampus dari 2016 kita sudah gunakan non tunai. Jadi tidak ada masalah lagi, UKT pun non tunai,” kata Zamrun.

Untuk diketahui, 12 bank partner pendistribusian kartu ATM berlogo GPN yakni BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank Sultra, CIMB Niaga, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat, BRI Syariah, BTN, BCA, Bank Mega dan Permata.

Salah satu keuntungan menggunakan kartu ATM berlogo GPN yakni dapat mempermudah pengguna kartu ATM dalam melakukan transaksi. Dimana, sistem pembayaran dengan kartu debit berlogo GPN dapat saling terhubung (interkoneksi) dan beroperasi secara bersama-sama.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Faisal

NEWS FEED