oleh

BPBD Kendari Siapkan Tim Reaksi Cepat

-Pena Kendari-286 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Kendari mulai meningkatkan kesigapan menghadapi bencana, khususnya disaat musim hujan dengan curah tinggi. Pihaknya telah menyiapkan Tim Reaksi cepat (TRC) yang siap turun di lokasi bencana.

Kepala BPBD kota Kendari, Paminuddin mengatakan, tim reaksi cepat ini bertugas membantu masyarakat di lokasi bencana serta melakukan tindakan penyelamatan.

“Kami sudah bentuk TRC itu, mereka sudah dilatih dengan bergerak cepat, mengantisipasi tindakan penyelamatan serta harta benda masyarakat yang bisa diselamatkan,”kata Paminuddin saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat 3 Januari 2020.

Baca Juga:  Walikota Kendari Imbau Warga Antisipasi Cuaca Ekstrim

Mantan Kadis DLHK ini menuturkan, tim ini tidak hanya bertugas di lokasi bencana, mereka juga membantu membersihkan pohon-pohon tumbang yang ada ketika terjadi bencana.

Dijelaskan, awal tahun 2020 ini pihaknya telah mengeluarkan himbauan kepada seluruh masyarakat yang bermukim di bantaran kali, diatas gunung, dibawah lereng gunung, dipinggir laut agar senantiasa memperhatikan beberapa hal disaat terjadi bencana.

Baca Juga:  Walikota Kendari Imbau Warga Antisipasi Cuaca Ekstrim

“Bagi masyarakat yang bermukim dimana saja, baik diatas ketinggian, daerah yang rendah, seyogyanya memperbaiki saluran drainase, aliran kali bisa dibersihkan secara rutin, menyiapkan perahu untuk menjadi sarana transportasi,”bebernya.

“Kita berharap semua masyarakat membangun sinergitas antara pemerintah kecamatan, kelurahan dan BPBD sehingga kita bisa bersama-sama mengantisipasi dampak terburuk disaat terjadi bencana,”tutupnya.

Penulis: Clara Sinthia
Editor: Mil

NEWS FEED