oleh

BPS Siapkan Buku Pedoman Menuju Sultra Emas untuk AMAN

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Badan Pusat Statistik (BPS) terus berkomitmen mendukung dan mendorong pertumbuhan ekonomi suatu daerah, termasuk di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Di perayaan Hari Statistik Nasional (HSN) yang jatuh pada 26 September 2018, besok, ternyata BPS Sultra telah menyiapkan buku pedoman khusus buat pasangan gubernur baru Sultra, Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN).

Buku berjudul Menuju Sultra Emas tersebut, kata Kepala BPS Sultra, Moh. Edy Mahmud berisi data mengenai pertumbuhan ekonomi, data kemiskinan, ekspor-impor dan indikator sosial ekonomi lainnya.

Buku pedoman itu bakal menjadi bekal bagi pemerintah daerah dalam membangun Sultra lima tahun ke depan.

Baca Juga:  Posko Induk SURGA Diserang OTK, Tim AMAN Diminta Tidak Terprovokasi

“Tapi karena pak gubernur (Ali Mazi) masih sibuk jadi bukunya belum kami berikan. Ini akan menjadi kilometer nol dari pembangunan yang dilaksanankan. Perkembangannya dilihat dari situ. Buku ini untuk lima tahun ke depan,” beber Edy Mahmud di kantornya, Selasa 25 September 2018.

Meski BPS merupakan instansi vertikal, namun bagi Edy Mahmud, pihaknya selalu ingin ikut andil dalam pembangunan Sultra.

Untuk merencanakan suatu program pembangunan, menurut dia, peranan data menjadi sangat krusial (menentukan) dalam merancang dan memastikan program apa yang hendak dilakukan.

Baca Juga:  Quick Count Pilgub Sultra: AMAN Unggul, Berkah Nomor Buncit

“Data ini sangat berguna untuk perencanaan pembagunan dan lain-lain. Karena dari data ini semua dapat diketahui,” terang Edy Mahmud.

Olehnya itu ia berharap, semua komponen masyarakat dapat berpastisipasi agar BPS mendapatkan data yang valid dan berkualitas.

“Untuk mendapatkan data yang baik bukan hanya dari BPS, tapi juga dari kejujuran responden atau peran aktif dari responden,” tukasnya.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED