oleh

BPVP Kendari Akan Segera Buka Tiga Program Pelatihan Kompetensi

-Pena Kendari-283 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari akan segera membuka tiga program pelatihan berbasis kompetensi.

Tiga program pelatihan yang akan dibuka yaitu pelatihan pembuatan roti dan kue dengan jumlah pendaftar 37 orang, budidaya sayur hidroponik sebanyak 23 orang, serta teknisi audio video sebanyak 33 orang, sesuai data pendaftaran melalui website siapkerja.kemnaker.go.id, Senin 11 Juli 2022 Pukul 10.56 Wita.

“Jumlah pendaftar telah melebihi kuota yang ditetapkan yaitu sebanyak 16 orang untuk setiap program pelatihan. Jadi, kami akan melakukan seleksi terlebih dahulu,” terang Kepala BPVP Kendari Dr La Ode Haji Polondu, Senin, 11 Juli 2022.

Ia menjelaskan, untuk proses seleksinya telah dijadwalkan selama dua hari yaitu pada Kamis (14/7) hingga Jumat (15/7) melalui tes tertulis dan wawancara.

“Proses seleksinya dilakukan secara profesional untuk melihat kesungguhan para calon pendaftar dalam mengikuti pelatihan,” jelasnya.

Dari proses itu, lanjut mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI), para pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi akan diumumkan melalui media sosial BPVP Kendari dan pada papan mading Kios Siap Kerja BPVP Kendari.

“Prosesnya memang lumayan sebelum menjadi peserta pelatihan, namun itu baru awal, karena setelah menjadi peserta kami akan mendidik dan melatih mereka hingga menjadi pribadi yang luar biasa dan siap bekerja, memiliki kompetensi, serta berdaya saing tinggi,” tandasnya.

Selain itu, masih kata dia, pihaknya juga akan membukakan peluang sebesar-besarnya kepada para peserta untuk bisa terserap di dunia usaha dan industri atau bekerja secara mandiri melalui jaringan yang telah dibangun BPVP Kendari.

“Kami telah banyak bekerjasama dengan berbagi pihak terkait hal ini, baik itu Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara, Pemerintah Kabupaten/Kota, Kadin Sultra, ASDP, FKLPI dan masih banyak lagi,” bebernya.

Sebagai penutup, orang nomor satu di BPVP Kendari menambahkan, jika pihaknya masih membuka pendaftaran pelatihan untuk beberapa program pelatihan lain. Adapun yang saat ini terbuka melalui website siapkerja.kemnaker.go.id yaitu fitter structure, dan menjahit set bed cover.

“Itu yang dibuka untuk sekarang, namun setelah program pelatihan yang telah berjalan saat ini telah mendekati selesai, kita akan buka lagi program pelatihan itu,” tutupnya.

Editor: Husain

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait