oleh

BPVP Kendari Gelar Pelatihan TOT Peningkatan Produktivitas

-Pena Kendari-127 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari (Eks BLK Kendari) membuka Pelatihan Training of Trainers (TOT) Peningkatan Produktivitas di Same Hotel Kendari, Jumat, 4 Maret 2022 malam.

Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Direktur Bina Peningkatan Produktivitas Direktoral Jendral Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Ditjen Binalavottas) Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) DR. Ghazmahadi, ST., MM. dan diikuti 15 peserta yang merupakan instruktur BPVP Kendari, BLK Kabupaten Kolaka, BLK Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) serta BLK Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

DR. Ghazmahadi, ST., MM menyebutkan, pelatihan TOT peningkatan produktivitas merupakan hal penting untuk dilakukan setiap balai pelatihan, dalam rangka mempersiapkan instruktur atau tenaga pelatih yang kompeten sehingga mampu menciptakan tenaga kerja handal yang siap pakai dan berimplikasi pada peningkatan produktivitas suatu daerah.

“Hal itu, sesuai dengan nomenklatur baru terkait perubahan nama Balai Latihan Kerja (BLK) menjadi Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP),” sebutnya.

Ia menjelaskan, BPVP kini tidak hanya sekedar sebagai tempat untuk melakukan pelatihan pencari kerja, melainkan memiliki tugas dan fungsi baru yaitu melakukan promosi atau penyadaran produktivitas, konsultasi produktivitas, pelatihan produktivitas, pengukuran produktivitas dan audit produktivitas.

“Semua hal itu memiliki tujuan untuk meningkatkan produktivitas suatu daerah yang ditunjang dari tenaga kerja terampil dan kompeten yang dimulai dari tenaga pelatih atau instruktur terlebih dahulu,” jelasnya.

Peningkatan produktivitas sendiri, lanjut dia, menjadi hal yang paling ditekankan, karena berdasarkan data BPS yang diterima pihaknya, ada banyak daerah yang tidak menerapkan prinsip-prinsip produktivitas dengan benar sehingga berdampak pada penurunan tingkat perekonomian daerah, termasuk kurangnya investasi yang masuk.

“Ini menjadi tugas yang harus diselesaikan pemerintah bersama BPVP. Kami sendiri berharap dengan adanya pelatihan TOT peningkatan produktivitas serta tugas dan fungsi baru BPVP dapat membawa perubahan yang lebih baik khususnya pada peningkatan produktivitas di Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala BPVP Kendari Dr La Ode Haji Polondu menambahkan, bahwa produktivitas merupakan hal yang sangat penting dalam hidup dan kehidupan, karena menyangkut hubungan antara keluaran yang dihasilkan dengan masukan yang dipakai pada waktu tertentu. Produktivitas adalah pengukuran seberapa baik sumber daya yang digunakan di dalam suatu organisasi atau unit kerja untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan hasil yang menguntungkan atau memberi nilai tambah dari sebelumnya.

“Ini makna produktivitas secara umum dan untuk mencapai hal itu ada beberapa hal yang perlu dilakukan,” katanya.

Ia menjelaskan, ada beberapa faktor juga yang mempengaruhi tingkat produktivitas diantaranya adalah sikap kerja, tingkat keterampilan, hubungan antara pimpinan dan tenaga kerja, serta manajemen produktivitas, efisiensi tenaga kerja dan kewiraswastaan.

“Jika semua hal itu dapat kita terapkan dengan baik dalam diri dan lingkungan kerja kita, maka InSyaa Allah ketika melakukan kerja kita bisa produktif, dan dapat memberikan nilai tambah bagi organisasi tempat kita bekerja,” jelasnya.

Terkait pelatihan TOT peningkatan produktivitas, sambung mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kemnaker RI, dirinya berharap dapat menjadikan para peserta sebagai pelopor untuk menciptakan angkatan kerja yang produktif serta memiliki value positif untuk diri mereka sendiri dalam menjalankan tugas di tempat kerja.

“Kami tentu berharap, setelah mengikuti pelatihan ini mereka bisa menjadi lebih baik dan lebih meningkat lagi kinerja dan produktivitasnya dalam menjalankan tugas serta mampu menciptakan angkatan kerja yang lebih kompeten dan produktif. Kami juga berharap setiap alumni BPVP Kendari menjadi sangat produktivitas ditempat kerja mereka sehingga mampu membawa perubahan yang baik di tempat kerjanya sekaligus mengharumkan nama BPVP Kendari atas produktivitas ditunjukkan dan performance yang baik di tempat bekerjanya,” tutupnya.

Diketahui, pelatihan TOT Peningkatan Produktivitas yang diselenggarakan BPVP Kendari berlangsung sejak tanggal 4-8 Maret 2022 bertempat di same Hotel Kendari.

Editor: Husain

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait