oleh

Budaya Muna Diseminarkan

PENASULTRA.COM, MUNA – Guna mengungkap entitas budaya Muna agar tetap bertahan dikehidupan sehari-hari, Koalisi Pejuang Merah Putih (KPMP) bekerjasama Pemerintah Daerah (Pemda) Muna menyelenggarakan seminar budaya selama dua hari, 20-21 Oktober 2018 di Aula Galampano Kantolalo, jalan By Pass Kota Raha.

Wakil Bupati Muna, Abdul Malik Ditu dalam sambutannya mengatakan seminar ini merupakan hal yang sangat penting agar generasi saat ini tidak terjebak dalam perbedaan mempersepsikan nilai budaya.

“Kita harus melihat dari perkembangan waktu mulai dari sebelum kemerdekaan, paska kemerdekaan, dan era saat ini untuk bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman,” kata Abdul Malik Ditu dihadapan para peserta seminar, Sabtu 20 Oktober 2018.

Mantan ketua Partai Demokrat Muna itu menyebut, salah satu visi Pemda Muna dibawah komando LM Rusman Emba adalah pengembangan pariwisata.

“Pariwisata tanpa budaya itu tak bernyawa, dan itu menjadi perhatian kita. Program ‘Mai Te Wuna’ bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Ketua Adat Suku Muna, La Ode Sirad Imbo mengapresiasi adanya seminar budaya Muna ini. Apalagi katanya, seminar ini digawangi kalangan muda yang masih punya rasa kepedulian akan budaya.

“Dalam mempertahankan adat dan budaya, kegiatan ini adalah cara yang disenangi oleh orang tua terdahulu dan saat ini,” terang Sirad Imbo seraya menyinggung soal pondasi dasar dari keadilan yang beradab.

Sementara itu, Ketua KPMP Muna Muhammad Alimin yang juga merupakan koordinator pelaksana kegiatan mengungkapkan, seminar budaya Muna ini telah digagas 10 tahun silam. Namun, baru bisa terlaksana hari ini.

Seminar ini diselenggarakan, kata dia, karena banyak terjadi penyimpangan dan perbedaan pandangan terhadap adat dan budaya Muna.

“Dari kegiatan ini kami berharap sebagai generasi muda, akan tercipta kesamaan pandangan implementasi adat dan budaya Muna. Sehingga, generasi muda Muna tidak meninggalkan entitas adat dan budayanya sebagai orang Muna,” tukasnya.(b)

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED