oleh

Bupati Wakatobi Masuk Nominasi Penghargaan Satya Lencana Wirakarya

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, WAKATOBI – Bupati Wakatobi, Arhawi masuk nominasi penghargaan Satya Lencana Wirakarya di bidang pembangunan pengelolaan kelautan tahun 2018.

Arhawi akan berkompetisi dengan lima kepala daerah lainnya, termasuk salah satunya Bupati Wajo, Sulawesi Selatan. Terpilihnya lima kepala daerah kabupaten/kota tersebut setelah mereka berhasil melewati verifikasi tim yang diutus Presiden dari Kemendagri dan Sekretaris Militer Presiden (Sekmilpres).

Penghargaan tersebut, rencananya langsung diberikan Presiden Jokowi saat penyelenggaraan peringatan hari Nusantara yang akan dihelat Desember mendatang.

Baca Juga:  PT BSS Garap Rumput Laut di Wakatobi

Plt Kepala Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Kabupaten Wakatobi, Oktawianus mengatakan, dalam verifikasi, tim langsung mengunjungi sejumlah komponen untuk melakukan penilaian lapangan.

Salah satu yang menjadi penilaian adalah adanya Sara Kadie Liya, kelompok nelayan dan kelompok masyarakat pengawas. Saat melakukan penilaian, tim memastikan keberadaan peran serta masyarakat adat dalam melakukan pengelolaan laut yang didorong Pemkab Wakatobi.

Selain itu, tim juga melakukan penilaian lapangan terhadap kelompok penanaman mangrove dan kelompok bersih sampah. Bukan hanya itu, tim juga meninjau langsung adanya infrastruktur analisis kerentanan perbaikan iklim, ketersediaan TPI, PPI, infrastruktur penunjang lainnya dan ivent-ivent kelautan yang telah dilaksanakan Pemda.

Baca Juga:  Tingkatkan SDM Nelayan, DKP Wakatobi Latih 60 Nelayan

“Kami perlihatkan langsung kolaborasi Pemda dengan melibatkan peran serta masyarakat lokal seperti, Forkani, Komunto, maupun NGO WWF, TNC, BTNW. Sekiranya itu yang dibutuhkan dalam penilaian tersebut,” kata Awi sapaan akrab Oktawianus.(b)

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Ridho Achmed

Komentar

NEWS FEED