oleh

Cegah Tindak Kekerasan Perempuan dan Anak, Ini Upaya Pemda Bombana

-Pena Daerah-446 views

PENASULTRA.COM, BOMBANA – Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Bombana terus melakukan berbagai upaya dalam mencegah adanya peluang ancaman kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Mulai dari sosialisasi pencegahan, bekerja sama lintas sektoral seperti di Kejaksaan Negeri (Kejari), Kementerian Agama (Kemenag), hingga ke pihak Polres dalam menangani korban kekerasan.

Selain itu, Pemda Bombana juga berupaya memberikan rangsangan akhlak dan pendekatan moral terhadap perempuan dan juga anak-anak di daerah. Baik itu dengan mengadakan lomba yang berkaitan dengan pencegahan kekerasan, serta berkomitmen untuk mewujudkan partisipasi anak.

Bupati Bombana, H Tafdil menjelaskan, upaya pencegahan dilakukan mengacu pada UU Nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan undang undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. Dalam regulasi itu ditegaskan bahwa perlindungan anak merupakan tanggung jawab negara yang wajib untuk dijalankan.

“Dimana, setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” Tafdil saat membuka sosialisasi pecegahan kekerasan perempuan dan anak di Kecamatan Rumbia, Minggu 15 deseber 2019.

Senada, Ketua Satgas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Bombana,  Hj Andi Nirwana mengatakan, langakah pemerintah dalam melakukan upaya pecegahan kekerasa anak seperti sosialisasi sangat penting dilakukan.

Pasalnya ia menilai, kekerasan terhadap anak sudah merajalela kemana-mana, serta banyak perempuan dan anak yang mengalami kekerasan, baik kekerasan batin maupun seksual.

Mantan anggota DPRD Bombana juga ini menghimbau, apa bila masyarakat mengetahui adanya kekerasan perempuan dan anak, harus segera dilaporkan kepada Satgas yang telah dibentuk oleh Pemda Bombana. 

“Kami harap jika ada ibu atau anak yang mengalami seperti ini,  maka segeralah lapor ke Satgas setempat. Karena kami sudah ada Satgas di setiap desa, nanti ditindak lanjuti ke Polres, dimana kita juga sudah bekerja sama dengan pihak kepolisian,” imbau Andi Nirwana.

Penulis: Zulkarnain
Editor: Faisal

NEWS FEED