oleh

Dikbud Wakatobi Larang Gunakan Pasir Lokal Untuk Proyek Renovasi Sekolah

-Pena News-473 views

PENASULTRA.COM, WAKATOBI – Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Wakatobi, Aliwangi mengimbau agar proyek renovasi gedung sekolah di Kabupaten Wakatobi tidak menggunakan pasir lokal.

Larangan itu dimaksudkan agar sekolah sebagai lembaga pendidikan turut menjaga lingkungan dari kerusakan. Merespon banyaknya proyek renovasi gedung sekolah di Wakatobi menggunakan pasir lokal.

“Pasir lokal dilarang untuk proyek di Wakatobi. Sebagai lembaga pendidikan kami telah mengingatkan kepada semua pihak sekolah agar tidak menggunakan pasir lokal,” kata Aliwangi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 17 Desember 2019.

Ia menegaskan, proyek renovasi gedung sekolah yang menggunakan pasir lokal yang tersebar di Wakatobi bukan di bawah naungan Dikbud. Akan tetapi menjadi tsnggung jawab Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sultra.

“Setiap sekolah mengusulkan tingkat kerusakannya ke Balai Pemukiman. Kemudian pihaknya yang menganggarkan,” jelas Aliwangi.

Aliwangi berharap, lembaga pendidikan memiliki peran penting untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

“Jadi saya harap agar setiap pekerjaan proyek di sekolah jangan menggunakan pasir lokal karena selain dilarang itu mengancam kerusakan lingkungan. Apalagi Wakatobi sebagai daerah pariwisata,” harapnya.

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Faisal

NEWS FEED