oleh

Dinas Peternakan Muna Ciptakan Unit Produksi Ayam Petelur

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, MUNA – Meningkatnya permintaan pasar akan kebutuhan telur ayam ras memantik Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara, untuk mendorong peningkatan produksi ayam ras petelur.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Muna, LM Yakub mengaku pihaknya sudah menciptakan unit peternakan ayam petelur di Desa Wansugi, Kecamatan Kabawo.

“Saat ini kita telah memiliki unit peternakan ayam petelur, dengan produksi kurang lebih 78 rak perhari dari populasi 3000 ekor ayam,”ungkap Yakub di ruang kerjanya, Rabu 23 Mei 2018.

Baca Juga:  Warga Dusun Lawela Nyaris Tewas di Mangsa Ular Phyton Raksasa

Setiap hari kata dia, unit ini menghasilkan sekitar 2000 butir lebih. Dan ini bisa menambah suplai kebutuhan konsumsi telur di Muna.

Menurutnya, produksi ayam ras petelur yang diciptakan dinas Peternakan itu sudah berjalan enam bulan. Selain meningkatkan suplai telur, secara ekonomi dapat mendorong pemberdayaan peternak.

Baca Juga:  Yusran Silondae Minta Masyarakat Maligano Tingkatkan Partisipasi Memilih

“Dan ini bisa menjadi penghasilan tambahan buat masyarakat yang akan mencoba peruntungan pada usaha ini,”ucapnya.

Usaha ini kata dia akan terus dikembangkan. Hasilnya, bisa memberdayakan masyarakat sekaligus meningkatkan pendapatan daerah.(b)

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Kasmilahi

Komentar

NEWS FEED