oleh

Dinkes Kendari Latih Penggunaan Aplikasi SIKDA Generik

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari menggelar pelatihan penggunaan aplikasi SIKDA Generik di salah satu hotel di Kendari, Senin 28 Januari 2019.

Pelatihan ini diikuti para kepala Puskesmas, pegawai administrasi Puskesmas, apoteker, serta beberapa perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) se Kota Kendari.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Rahminingrum mengatakan, sebelum menggunakan aplikasi SIKDA Generik, seluruh Puskesmas diharuskan mempunyai sarana dan prasarana yang memadai, yakni ketersediaan komputer dan jaringan.

“Puskesmas yang layak adalah Puskesmas yang kita lihat dari sarana dan prasarana yang memadai, kekuatan jaringan yang bisa menjangkau internet yang baik,” ujarnya di sela-sela pelatihan.

Baca Juga:  Pemkot Kendari Jamin Stok Sembako Mencukupi Jelang Ramadhan

Pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari yang akrab disapa Rahmi ini menilai, penggunaan aplikasi SIKDA Generik ini akan sangat bermanfaat bagi tenaga kesehatan, baik dari segi pelayanan kesehatann maupun pelayanan administrasi.

“Jadi SIKDA Generik ini mencakup semuanya. Bukan hanya terkhusus pada pelayanan diagnosis penyakit, namun juga pelayanan administrasi. Jadi pasien sudah tidak lagi repot untuk mengurus berkas-berkas yang diminta, semua langsung terfokus pada satu sistem digital,” terang dia.

Baca Juga:  Pemkot Kendari Gelar Bukber dan Dzikir Akbar di Masjid Al Alam

Sebelumnya, Wali Kota Kendari, Sulkarnain K secara resmi meluncurkan aplikasi SIKDA Generik atau aplikasi pelayanan yang terintegrasi pada sistem informasi di Puskesmas, rumah sakit, dan sarana kesehatan lainnya, Senin 28 Januari 2019.

Sesaat setelah peluncuran, Dinkes Kendari langsung menggelar pelatihan penggunaan aplikasi kepada seluruh perwakilan instansi kesehatan serta apoteker lingkup Kota Kendari.(b)

Penulis: Clara Sinthia
Editor: La Ode Muh. Faisal

NEWS FEED