oleh

Dorong Pelestarian Lingkungan, Walhi Sultra Gelar PKRD di Buteng

PENASULTRA.COM, BUTON TENGAH – Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulawesi Tenggara menggelar Pendidikan Kader Rakyat Dasar (PKRD) di kalangan anak muda Desa Batubanawa, Kecamatan Mawasangka Timur, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Minggu 23-24 Desember 2018.

Direktur Walhi Sultra, Saharuddin mengatakan, PKRD bertujuan memberi pemahaman kepada masyarakat, khususnya generasi milenial mengenai pentingnya melestarikan lingkungan.

“Kegiatan PKRD ini menjadi wajib bagi WALHI untuk memberikan pemahaman secara holistik dalam masyarakat, khususnya di generasi muda dalam upaya mendorong serta melakukan penyelematan lingkungan di wilayah Sulawesi Tenggara,” kata Saharuddin saat ditemui usai kegiatan, Senin 24 Desember 2018.
 
Saharuddin menyebutkan, pelaksanaan PKRD diawali dengan memberikan materi filsafat untuk mendorong daya kritis peserta. Kemudian dilanjutkan dengan materi ke-Walhi-an dan politik agraria.

Baca Juga:  Amirul Tamim Sebut Buteng Miliki SDM yang Cukup Baik

Usai seluruh materi selesai, kata Saharuddin, PKRD dilanjutkan dengan diskusi rencana tindak kanjut (RTL) sebagai langkah awal bagi para peserta melakukan kegiatan-kegiatan penyelamatan lingkungan.

“Jadi kegiatan ini tidak hanya berhenti di sini, akan ada pertemuan-pertemuan selanjutnya. Di mana para peserta ini akan diajak turun lapangan untuk melihat berbagai masalah yang selama ini mengancam kerusakan lingkungan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Harumin Soroti Kinerja Bawaslu Buteng

Saharuddin berharap, setiap peserta PKRD dapat memahami setiap materi yang diterima agar menambah wawasan serta pengetahuan masyarakat dalam menjaga serta merawat lingkungan di desa mereka tinggal.

“Kesemuanya itu kami harapkan dapat diserap dengan baik sehingga para peserta ini dapat mempraktekkannya,” harapnya.(b)

Penulis: Amrin Lamena
Editor: La Ode Muh. Faisal

NEWS FEED