oleh

Dosen PG-PAUD UHO Beri Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru TK

PENASULTRA.COM, KENDARI – Dosen Pendidikan Guru – Pendidikan Anak Usia Dini (PG – PAUD) memberikan edukasi tentang media pembelajaran dan pelatihan tentang perancangan, pembuatan media pembelejaran untuk kegiatan Home Visit kepada sejumlah Guru di Taman Kanak-kanak (TK) binaan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari yaitu TK Wulele Sanggula, pada Jumat, 15 Oktober 2021 lalu.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mengamanatkan kepada setiap Perguruan tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat, Dr Salwiah, menjelaskan bahwa Program Pengabdian kepada Masyarakat ini berjudul “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran untuk Mendukung Kegiatan Home Visit bagi Guru TK”.

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan wawasan bagi guru TK terkait dengan pembuatan media pembelajaran yang dapat diimplementasikan dalam kegiatan home visit selama pembelajaran dirumah pada masa pandemic covid yang dapat menunjang pengontrolan aspek-aspek perkembangan anak.

“Kegiatan pembelajaran di TK pada masa pandemi ini memang kurang efektif sehingga kami berinisiatif untuk bagaimana orang tua murid dan guru-guru PAUD itu bisa memiliki kreativitas untuk memberikan pembelajaran melalui home visit pada anak-anak usia dini. Karena tidak bisa hanya mengharapkan kemampuan dari orang tua yang sangat variatif, sehingga kami berinisiatif mengangkat judul itu”, kata Salwiah melalui sambungan telepon genggamnya, Rabu, 20 Oktober 2021.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa target khusus yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah adanya media pembelajaran yang dapat mendukung kegiatan home visit selama masa pandemi dan adanya keterampilan guru-guru mitra dalam merancang dan membuat media pembelajaran untuk kegiatan home visit lebih bervariasi dan tidak monoton.

Selain itu, guru mitra juga diharapkan dapat mengontrol dan memantau perkembangan anak selama pembelajaran di rumah dengan menggunakan media pembelajaran yang telah dibuat dan terciptanya komunikasi yang lebih efektif dengan orang tua dan anak terkait dengan aspek-aspek perkembangan anak selama belajar dirumah.

“Harapannya dengan adanya kegiatan ini Guru-guru PAUD itu dapat memanfaatkan media pembelajaran sehingga bisa memberikan pemahaman kepada orang tua murid untuk bisa memanfaatkan media itu memberikan pembelajaran kepada anak-anak sehingga bisa meningkatkan kemampuan kognitif anak baik pengenalan angka maupun pengenalan huruf”, pungkasnya.

Untuk diketahui, beberapa dosen PG-PAUD yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Dr. Salwiah, S.Pd., M.Pd., Sri Yuliani M, S.Pd., M.Pd., Afifah Nur Hidayah, S.Pd.I,M.Pd., Dra. Dorce Bane Pabunga, M.Pd., Dr. Hj. Aisyah, S.Pd., M.Pd., Dr. Asmuddin, M.Pd., dan Nurhayati, S.Pd., M.Pd.

Penulis: Husain

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait