oleh

DPM-PTSP Gandeng NSLIC Sosialisasikan Penggunaan OSS

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Dalam memberikan memudahkan pelayanan perizinan, pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara menggadeng Nasional Support for Local Investment Climate National Support for Enhancing local and regional Economic Development (NSLIC/NSELRED) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi kebijakan dan penggunaan Online Single Submission (OSS).

Kepala DPM-PTSP Sultra, Masmuddin mengatakan, sosialisasi aplikasi OSN ini bertujuan memberikan pemahaman yang lebih detail terkait pelaksanaan OSS kepada pejabat DPMPTSP provinsi dan semua dinas terkait di kabupaten kota se Sultra.

“Peserta dijelaskan dan dibimbing tentang teknis penggunaan sistem OSS sebagai aplikasi pelayanan perizinan berbasis online yang merupakan program pemerintah pusat dalam mendukung pengembangan bidang usaha,” kata Masmuddin, Jumat 19 Oktober 2018.

Baca Juga:  Hadirkan Alat Sunat Tanpa Suntik, Rumah Aspirasi Umar Arsal Siap Layani Ribuan Pasien

Menurutnya, ada dua kementerian yang menjadi penggerak program OSS yakni Kementerian Koordinator Perekonomian dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Senada, Kepala Bidang Kemudahan dan Insentif Infestasi Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, Marianto berharap, peserta sosialiasasi ini dapat memahami cara menggunakan aplikasi OSS.

“Karena itu boleh mengakses dimana saja, kapan saja, dan sudah terintegrasi. Dengan OSS ini pengurusan hanya memakan waktu 30 menit. Kalau manual sebelumnya itu memakan waktu yang cukup lama,” ucapnya.

Misalnya lanjut dia, pengurusan IMB, jika dulu tidak jelas batas waktunya, tapi saat ini ada batasan waktu.

Senada, Koordinator Proyek NSLIC/NSELRED Sultra, Dyah Fadillah mengharapkan sosialisasi ini memberikan penguatan terhadap lDPM-PTST secara keseluruhan dalam pelayanan perizinan.

Baca Juga:  Tingkatkan Kapasitas Wartawan, BI Gelar Diklat Jurnalis Ekobis

“NSLIC ini memberikan support agar sistem pelayanan perizinan berusaha secara online di Sultra dapat berjalan sesuai dengan harapan pemerintah. Sehingga tidak ada lagi antrean terhadap para pelaku usaha yang ingin mengurus izin pada dinas terkait,” katanya.

NSLIC/NSELRED, kata Dyah hanya membantu dinas terkait agar mempunyai kapasitas yang baik dan menyelenggarakan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat.

“Kalau iklim investasi baik, maka investor akan berlomba-lomba datang, sehingga ini jelas akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat dan daerah,” katanya.

Sosialisasi ini digelar sejak 17 Oktober 2018 hingga 19 Oktober 2018.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Kas

NEWS FEED