oleh

Gempa Bumi 3,8 SR Guncang Kendari Tengah Malam

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Barat Laut Kendari-Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Kamis 4 Oktober 2018 tengah malam.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa ini terjadi tepat pukul 23:19:31 Wita dengan episenter 3.93 LS-122.38 BT sekitar 26.8 Km Barat Laut Kendari-Sulawesi Tenggara berkekuatan M=3,8.

“Terkait dengan peristiwa gempa bumi di wilayah Kendari ini, hingga laporan ini disusun pada pukul 00.30 Wita, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang,” kata Rosa Amelia, Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Kamis 4 Oktober 2018 malam.

Baca Juga:  Gempa Bumi Goncang Konkep dan Kendari

Gempa bumi ini, kata Rosa, berskala intensitas II SIG-BMKG (III MMI).

“Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari di wilayah Kendari-Sulawesi Tenggara,” terang Rosa seraya menambahkan bahwa hingga saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Baca Juga:  Usai Konawe Utara, Gempa Kembali Guncang Wilayah Konkep

Sementara itu, sejumlah masyarakat Kendari yang merasakan getaran gempa mengaku terkejut.

Rasti, ibu rumah tangga yang berdomisili di kompleks Griya Zarinda 2, Anduonohu ini mengaku panik.

“Getarannya cukup keras. Pas terjadi tadi (gempa), saya langsung ajak anak-anak keluar rumah untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan,” akunya.(b)

Penulis: Nanang Sofyan
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED