oleh

Gempa Bumi Tektonik Guncang Wilayah Konawe Utara Pagi Ini

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Sawa, Kecamatan Sawa, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu 3 Oktober 2018 pagi.

Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (GMKG) Kota Kendari menunjukkan bahwa gempa bumi ini terjadi pada pukul 05:12:21 Wita berkekuatan 3,8 M.

“Dengan episenter pada koordinat 3.44 LS–122.86 BT sekitar 63.6 Km Timur Laut Kendari (81 Km Timur Laut Wanggudu) pada kedalaman 11 Km,” ungkap Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia melalui rilisnya, Rabu 3 Oktober 2018.

Baca Juga:  Menteri PUPR Janji Perbaiki Kerusakan Jalan dan Jembatan Akibat Banjir

Dampak gempa bumi yang dirasakan masyarakat Sawa ini, kata Rosa, masuk dalam skala intensitas II SIG BMKG.

“Sampai dengan saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut,” kata dia.

Namun demikian, Rosa menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. Sebab gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga:  Ali Mazi Porsikan Bantuan 358 Rumah Untuk Warga Mubar

Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Manui yang berada di sekitar Manui-Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Peristiwa gempa bumi di wilayah Timur Laut Kendari ini hingga laporan ini disusun pada pukul 08.00 Wita, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan,” tutup Rosa.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED