oleh

Hugua: Pariwisata Kunci Kemajuan Daerah

PENASULTRA.COM, KENDARI – Ketua Organisasi Negara-Negara Maritim, Ir Hugua mengatakan, pariwisata adalah kunci kemajuan daerah. Sebab menurutnya, pariwisata merupakan industri multi sektor yang memiliki multiplier effect.

“Untuk itu, dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh sektor pariwisata juga berdimensi multi sektor,” kata Hugua saat menjadi narasumber di acara Ngobrol Penting (Ngopi) yang digelar rutin Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) di Sekretariat SMSI Sultra, Sabtu 26 Januari 2019 malam.

Baca Juga:  Wakili Sultra di Event Miss Global, Uci Asmayana Harap Dukungan Pemda

Ia menekankan, pariwisata harusnya menjadi salah satu leading sektor di Sultra. Sebab, kegiatan pariwisata dapat berdampak pada pertumbuhan sektor-sektor lain, termasuk pertanian.

“Sultra adalah sebuah kawasan yang punya kelimpahan dari semua aspek. Sektor pertanian, perikanan, perkebunan dan lainnya. Jika pariwisata terus dipromosikan, value added atau nilai tambahnya akan berdampak multi sektor,” ungkapnya.

Baca Juga:  Ali Mazi: Banjir di Konut Bukan Karena Tambang

Selain mendorong pertumbuhan sektor-sektor perekonomian lainnya, kegiatan pariwisata juga berdampak pada peningkatan lapangan kerja.

“Namun, hal tersebut akan terjadi jika semua pihak ikut merealisasikannya,” timpal Hugua.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: La Ode Muh. Faisal

NEWS FEED