oleh

Wabup Butur Hadiri Seminar Pra Kongres ke-V JKPI 2021 di Banda Aceh

-Pena Travel-350 views

PENASULTRA.COM, BANDA ACEH – Seminar Pra Kongres ke-V Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) akan berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 29-30 Maret 2021 dengan tema “Pusaka Waktu”.

JKPI merupakan sebuah jaringan antar kota di Indonesia dengan Tujuan menjaga Kelestarian Benda Cagar Budaya (BCB) peninggalan Sejarah di indonesia.

Secara umum tentu Pra Kongres JKPI merupakan upaya nyata yang harus menjadi keseriusan suatu daerah untuk menjadi salah satu perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam kegiatan tersebut, seluruh Daerah diharapkan dapat menyampaikan nilai-nilai budaya, kesejarahan yang merupakan tiang inti utama dalam pendirian suatu bangsa di dunia, tidak terkecuali Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh karena itu, Wakil Bupati Kabupaten Buton Utara (Butur), Ahali memiliki agenda untuk menghadiri sekaligus menyampaikan nilai kepusakaan, budaya kesejarahan Daerah Butur melalui Pra Kongres JPKI di Kota Banda Aceh, Minggu, 28 Maret 2021.

Ahali mengungkapkan dalam menghadiri pra kongres JKPI dirinya akan menyampaikan tentang kepusakaan dan budaya kesejarahan Butur.

Ia juga akan menyampaikan nilai kepusakaan Budaya Kesejarahan Daerah Butur tentang Barata Kulisusu, Benteng Kulisusu, Tarian Lense, Alionda, dan Pangaru di acara Pra Kongres Ke-V JKPI

Ahali menjelaskan Buton Utara merupakan bagian wilayah Kesultanan Buton dimasa lalu dan hingga saat ini memiliki kedaulatan, tatanan peradaban kemanusiaan baik dari aspek sosial politik kekuasaan yang sudah mempraktekan demokrasi.

“Semoga ke depan kita lebih peka dan mendalami nilai kepusakaan bagi Daerah Kabupaten Butur demi kemajuan peradaban kemanusiaan yang lebih luas dan penuh manfaat”, ujar Ahali melalui pesan Whatsapp.

Untuk diketahui wakil Bupati didampingi Oleh Ibu Wakil Ketua Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Butur, Amaliah Ahali dan Juga Kepala dinas (Kadis) Pariwisata Butur Harlin Hari serta rombongan.

Penulis: Asman

NEWS FEED