oleh

Ikrar Perangi Hoax, Relawan Jokowi Gelar Aksi 1001 Lilin

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Dalam ikrar perangi hoax, relawan yang tergabung dalam ikatan jaringan relawan kerja (Ijaker) Jokowi-Amin Sulawesi Tenggara (Sultra), Sekretariat Bersama (Sekber) Jokowi Sultra serta beberapa organisasi pendukung Jokowi menggelar aksi 1001 lilin di area KONI Sultra, Kamis malam, 1 November 2018.

Ketua Sekretariat Bersama (Sekber) Jokowi Sultra, Chiko mengatakan, kegiatan ini digelar untuk mengingatkan kepada semua relawan, bahwa hoax adalah virus yang sangat menakutkan untuk keutuhan bangsa ini. Dan cara membasmi hoax yakni dengan menanamkan kepada diri kita sendiri untuk tidak terhasut kemudian barulah ke orang lain.

Baca Juga:  Perangi Hoax, Jurnalis dan Polres Kolaka Gelar Diskusi Kemitraan

“Langkah kongkrit bagi relawan yaitu malu untuk berbicara bohong dan berani untuk bicara benar,” katanya.

Senada, Sekretaris Tim Kampanye Daerah Sultra Hugua mengungkapkan, berita hoax berangkat dari cara pandang. Kesalahan yang diulang-ulang akan menjadi kebenaran.

“Ini tidak sesuai dengan pancasila dan menyesatkan masyarakat. Kita ajak para pemimpin kita kedepankan informasi yang benar, apalagi dalam situasi kampanye saat ini,” ujarnya.

Salah satu relawan Jokowi yang juga calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Dapil Sultra, Fajar BS Lase menjelaskan, berita hoax mengarah pada ujaran kebencian yang nantinya akan menghancurkan sesuatu.

Baca Juga:  Perangi Hoax, Jurnalis dan Polres Kolaka Gelar Diskusi Kemitraan

“Ujaran kebencian harus dilawan dengan berita benar bukan dengan kebencian pula. Lawan dengan prestasi,” tambahnya

Menurut lelaki yang akrab disapa Falas ini, semua orang wajib menelaah atau croscheck terlebih dahulu berita yang diterima apakah benar baru kemudian disebarkan.

“Jangan dimakan mentah-mentah dan langsung di sebarkan,” tutupnya.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Kas

NEWS FEED