oleh

Ini Alasan Syarifuddin Udu Maju di Pilkada Muna 2020

PENASULTRA.COM, MUNA – Memilih untuk mengabdi pada tanah kelahiran, menjadi salah satu alasan kuat Syarifuddin Udu maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 mendatang di Kabupaten Muna.

Pengalaman yang dimilikinya selama puluhan tahun di birokrasi pemerintahan sudah sangat mumpuni dan tidak perlu diragukan lagi.

Pria kelahiran Lakologou, Kecamatan Tongkuno pada 1960 silam itu, kini menjabat sebagai Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Jabatannya itu merupakan jabatan tertinggi di birokrasi pemerintahan. Syarifuddin Udu menjadi orang pertama di Bumi Sowite yang menduduki jabatan tersebut.

“Belum pernah ada orang di Sulawesi Tenggara yang sampe pada posisi Dirjen atau level eselon satu. Oleh karena itu dibeberapa kesempatan selalu saya katakan, saya bukan sombong tetapi sebagai masyarakat Muna saya patut berbangga, karena orang Muna bisa berkiprah untuk memenuhi posisi jabatan Dirjen,” ungkap Syarifuddin Udu di depan ribuan warga Tampo pada acara silaturahmi belum lama ini.

Baca Juga:  Masyarakat Jompi Tegaskan Dukungan ke Rajiun Tumada Untuk Maju di Pilkada Muna

Selain itu, ia pernah memimpin Provinsi Jawa Tengah (Jateng) sebagai Penjabat (Pj) Gubernur dengan jumah penduduk lebih dari 35 juta jiwa tentu bukan hal yang biasa, jika dibanding dengan penduduk Sultra sebesar 2,7 juta jiwa.

“Apalagi Jawa Tengah itu adalah kampungnya Pak Presiden, kampungnya mendagri pada saat itu adalah Pak Cahyo Kumolo, kok saya yang ditunjuk, orang Muna yang ditunjuk jadi Pj Gubernur,” ungkap Syarifuddin Udu disambut tepuk tangan warga yang hadir.

Kematangan dalam birokrasi menjadi modal Syarifuddin Udu maju dan bakal menjadi rival tangguh bagi para kontestan lainnya di pesta demokrasi lima tahunan 2020 mendatang.

Baca Juga:  Mantan Pj Gubernur Jateng Tantang Rusman dan Rajiun di Pilkada Muna 2020

Apalagi untuk mamantapkan niatannya itu, saat ini Ketua Umum Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara (KKST) perantauan ini telah terdaftar resmi sebagai Bakal Calon (Balon) Bupati Muna 2020-2025 di sembilan partai politik yang membuka penjaringan.

Mundur beberapa langkah dari jabatan Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri RI guna mencalonkan diri sebagai seorang Bupati Muna merupakan pilihan yang harus ditempuhnya untuk memajukan Muna agar setara dengan daerah lain.

“Kenapa saya mau mencalonkan diri sebagai calon Bupati Muna 2020, karena saya yakin dengan seyakin-yakinnya bahwa potensi yang ada di Muna, insyaallah bisa kita lakukan sehingga masyarakat Muna bisa sejahtera, sejajar dengan daerah-darah lainnya,” cetusnya. (b)

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Bas

NEWS FEED