oleh

Isu akan Gempa dan Tsunami di Sultra Hoax!

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Beredarnya informasi di media sosial terkait akan terjadinya gempa bumi dan tsunami di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) dan sekitarnya membuat masyarakat menjadi resah.

Menanggapi hal tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (GMKG) Kota Kendari, mengeluarkan surat edaran permakluman Nomor UM.505/283/GKDl/X/2018 yang di dalamnya berisi bahwa informasi tersebut adalah palsu alias hoax.

Baca Juga:  Bupati Kolaka Lepas 100 Relawan ke Sulteng

“Berita tersebut tidak benar adanya. BMKG tidak pernah menyampaikan serta menyebarluaskan informasi tersebut,” kata Kepala BMKG Kendari, Rosa Amelia dalam surat edarannya tertanggal Selasa 2 Oktober 2018.

Sultra memang merupakan wilayah yang memiliki potensi gempa bumi dan dapat saja terjadi setiap saat. Namun, hingga saat ini belum ada teknologi yang mampu memprediksi kapan gempa bumi itu akan terjadi. Bahkan, sampai menentukan waktu kejadian gempa.

Baca Juga:  Tiba di Palu, Basarnas Kendari Lakukan Pencarian dan Evakuasi Korban

Dalam surat edaran resmi BMKG, Rosa Amalia menghimbau agar masyarakat tidak terpengaruh oleh isu tersebut.

“Tetap tenang serta selalu mengikuti informasi terkini di website resmi BMKG yakni www.bmkg.go.id terkait kejadian gempa bumi dan tsunami,” tutup Rosa.(a)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED