oleh

Jadi Tuan Rumah HPS, Pemprov Siapkan Anggaran Rp7,5 Miliar

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 Oktober 2019 mendatang akan dilaksanakan di Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra).

Untuk menyukseskan perayaan kegiatan nasional ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra terus mematangkan persiapan.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, La Ode Mustari mengatakan, meski anggaran dari pusat untuk kegiatan HPS masih sementara dibahas. Namun pihaknya telah menetapkan anggaran untuk HPS sebesar Rp7,5 miliar dari APBD Perubahan 2019.

“Waktunya sudah dekat. Jangan terlalu berharap sepenuhnya dari pusat. Kita harus mempersiapkannya dengan matang. Jadi kurang lebih anggaran yang diminta sebelumnya Rp6,8 miliar namun karena ini kegiatan besar maka ditambah jadi Rp7,5 miliar,” kata Mustari saat menyampaikan arahan dalam rapat pembahasan HPS 2019 di Kantor Gubernur Sultra, Rabu 31 Juli 2019.

Baca Juga:  Dinamika Kongres XV KNPI Diharap Segera Berakhir

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sultra, Amal Jaya mengatakan, anggaran kegiatan HPS ini tidak masuk dalam APBD 2019 karena sebelumnya yang digadang-gadang menjadi tuan rumah yakni Provinsi Bangka Belitung.

“Jujur saja sebelumnya tuan rumah adalah Bangka Belitung tapi karena tidak siap, jadi Sultra ditunjuk. Maka kita anggarkan di APBD perubahan 2019 ini,” ujarnya.

Baca Juga:  La Ode Mustari: Pendidikan Karakter Anak di Mulai dari Keluarga

Penganggaran dari Pemprov untuk masing-masing bidang kata Amal sapaanya, akan melekat pada dinas ketahanan pangan.

“Masing-masing bidang operasionalnya tetap di dinas ketahanan pangan. Setiap anggaran yang masuk disesuaikan dengan tata kelola keuangan yang ada. Sehingga saat anggaran keluar semua sudah terverifikasi dan langsung dijalankan,” tutupnya.

Untuk diketahui, HPS rencananya akan digelar mulai 9-12 Oktober 2019.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Kas

NEWS FEED