oleh

Jalan Wisata Kendari-Toronipa Bakal Habiskan Rp193 M

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Jalan Wisata Kendari-Teronipa bakal menyedot Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sultra sebesar Rp153 miliar.

Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Setda Provinsi Sultra, Harmin Ramba mengungkapkan, jalan wisata ini akan dibangun sepanjang 14,6 kilometer dengan lebar 40 meter.

“Nilai investasi kita estimasi Rp153 miliar ditambah pembebasan lahan Rp40 miliar,” bebernya.

Hingga saat ini, pihak Pemprov Sultra telah melakukan sosialisasi terkait pembangunan tersebut kepada masyarakat setempat, tokoh masyarakat dan semua instansi terkait.

Baca Juga:  Ternyata Hipnoterapi Bisa Sembuhkan Gangguan Psikis Manusia

“Mereka semua merespon positif. Lahan dan kebun yang akan dilalui akan diganti. Kalau ada rumah yang dilalui, kami beri dua pilihan, apakah dipindahkan dengan lahan yang disediakan oleh pemprov atau diberikan uang,” jelasnya.

Jalan wisata ini akan dibangun dengan standar nasional. Ditargerkan selesai sebelum masa jabatan AMAN berakhir. Dan pembangunannya akan dimulai dengan peletakan batu pertama pada moment satu tahun kepemimpinan Ali Mazi-Lukman Abunawas (Aman) 5 September 2019. Harmin Ramba menyebutnya sebagai kado kepemimpinan Ali Mazi untuk masyarakat Sultra.

Baca Juga:  BKKBN Sultra: Besarnya Jumlah Penduduk Bisa Jadi Masalah Pembangunan

“Pengerjaannya multi year. Ini adalah program unggulan AMAN untuk masyarakat Sultra,” tutupnya.

Selain Jalan Wisata Kendari-Toronipa, mega proyek lainnya sebagai program unggulan AMAN yakni pembangunan Perpustakaan Internasional dan RS Jantung.(a)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Kas

NEWS FEED