oleh

Jemput Bola, Koramil Asera Gelar Vaksinasi Secara Door to Door

-Pena Daerah-147 views

PENASULTRA.COM, KONUT – Komando Rayon Militer (Koramil) 1417 – 08 Asera Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat dan pelajar Kecamatan Andowia, Jumat, 19 November 2021.

Pelayanan vaksinasi jenis Sinovac ini melibatkan tim Tenaga Kesehatan (Nakes) rumah sakit Ismoyo dari Korem 1413 Kendari bekerja sama dengan tim Nakes Puskesmas Andowia yang dilaksanakan di kantor Koramil Asera.

Peserta vaksinasi berasal dari masyarakat Kecamatan Andowia dan pelajar dari SMP 1 Andowia dengan sasaran target vaksin mencapai 150 orang.

Pantauan awak media, sejumlah masyarakat yang mengikuti vaksinasi sangat antusias dalam kegiatan ini.

Danramil 1417-08 Asera, Mayor Infanteri Petrus Hehakaya, melalui Pelda Sugiyanto mengatakan, kegiatan pemberian vaksin secara door to door sebagai upaya jemput bola guna agar percepatan pemberian vaksin segera tuntas sesuai target dan capaian.

“Koramil Asera dan Nakes rumah sakit ismoyo Korem 143/HO bersama Puskesmas Andowia terus menggerakkan masyarakat dengan mengunjungi ke rumah masing-masing warga untuk memberikan imbauan serta mengajak agar seluruh masyarakat kiranya segera melakukan Vaksinasi ke posko koramil asera, karena manfaatnya sangat baik bagi diri mereka sendiri,” ungkap Pelda Sugiyanto kepada awak media.

Sesuai himbauan pemerintah terkhusus di Konawe Utara meski sudah level satu Covid-19, bahwa masyarakat yang memenuhi syarat wajib mendapatkan vaksin, untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) sehingga masyarakat menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitas kesehariannya.

Pelda Sugiyanto juga berpesan kepada seluruh masyarakat kecamatan andowia maupun diluar wilayah yang telah selesai melaksanakan Vaksin, agar tetap menerapkan secara ketat protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah guna kebaikan menjaga diri dan orang lain disekitarnya.

“Warga yang didatangi oleh petugas vaksin antusias menerima vaksin dan tidak merasa keberatan dan tentunya sesuai dengan prosedur dan memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin. Bagi yang sudah melaksanakan vaksin jangan anggap remeh, tetap terapkan Prokes meski sudah divaksin,” Imbau Pelda Sugiyanto.

Hal senada dikatakan Koordinator Tim Tenaga Kesehatan (Nakes) Rumah Sakit Ismoyo, Komando resor militer (Korem) 143/HO, Peltu Sugiarto, memaparkan sesuai dengan jumlah kuota yang telah diajukan dari pihak koramil asera sebanyak 150 peserta.

“Dari jumlah kuota vaksinasi Covid 19 tahap satu dan dua masing-masing 150 sasaran sesuai permintaan, namun kami dari tenaga kesehatan menyiapkan 200 kuota sasaran vaksinasi untuk mengantisipasi membludaknya peserta vaksin,” jelasnya.

Lebih jauh, Peltu Sugiarto juga mengapresiasi atas antusias masyarakat yang tinggi, untuk mendapatkan vaksin Covid 19. Karena menurutnya, vaksinasi adalah salah satu jalan untuk mencegah masyarakat dari Penyebaran Covid 19.

Bahkan dikatakannya, dari daftar yang dimiliki hingga saat ini, telah menunjukkan jumlah masyarakat yang telah divaksin menghampiri target sesuai yang telah ditentukan. Pihaknya telah melaksanakan vaksinasi untuk yang ketiga kalinya di wilayah konawe utara setelah kecamatan langgikima.

“Vaksinasi Covid 19 membutuhkan dua kali dosis penyuntikan. Suntikan pertama ditujukan memicu respons kekebalan awal. Sedangkan suntikan kedua untuk menguatkan respons imun yang terbentuk,” pungkasnya.

Penulis: Tim Redaksi

Komentar

NEWS FEED