oleh

Kabar Gembira, Jurusan Pendidikan Ekonomi UHO Raih Predikat “Baik Sekali”

PENASULTRA.COM, KENDARI Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) meraih akreditasi dengan predikat “baik sekali” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

Hal ini disampaikan Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP UHO, Edy Karno saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 2 Maret 2021.

Laman BAN-PT yang menampilkan nilai akreditasi Jurusan Pendidikan Ekonomi UHO

“Alhamdulillah hari ini Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP UHO baru saja menerima informasi kehadiran dari perjuangan kami untuk meningkatkan akreditasi jurusan ini yang tadinya pada tahun 2019 sempat mati akreditasinya. Dan padaa bulan Agustus dihidupkan kembali dengan akreditasi baik pada penilaian kriteria sembilan. Kemudian kami melakukan perbaikan administrasi dan menjalankan seluruh kegiatan akademik di jurusan ini sekaligus menyusun borang untuk perbaikan akreditasi dan alhamdulillah hari ini kami mendengar informasi bahwa hasil akreditasi jurusan yang kami laksanakan kurang lebih 2 minggu lalu dari visitasi asesemen lapangan ini hasilnya naik menjadi baik sekali.”, jelas Edy Karno.

Menurutnya, hal ini membuktikan bahwa Program Studi Pendidikan Ekonomi sudah sangat baik dalam hal kinerja serta keterkaitan antara tujuan, masukan, proses dan luaran yang ada. Oleh karena itu, Ia berharap Jurusan Pendidikan Ekonomi bisa menjadi lebih baik lagi.

Lanjut Edy, saat ini mutu sebuah jurusan atau program studi menjadi hal yang sangat diperhitungkan karena sangat berpengaruh pada nilai jual ijazah lulusan saat digunakan untuk mencari kerja atau akan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Hasil akreditasi juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam usulan bantuan atau alokasi dana serta mendapat pengakuan dari badan atau instansi yang berkepentingan.

“Mahasiswa dan alumni Pendidikan Ekonomi patut berbangga, pada tahun 2021 ini bisa meraih predikat “Baik Sekali”. Dan ini menjadi harapan baik bagi jurusan ini dan kaitannya dengan alumninya karena setiap alumni yang mencari pekerjaan yang ditanyakan pertama itu adalah akreditasinya dan Alhamdulillah kepada seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi harus berbangga karena telah mendapatkan akreditasi baik sekali,” tukasnya.

Edi juga mengungkapkan bahwa pencapaian ini juga ada kaitannya dengan kegiatan yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Ekonomi yang merupakan salah satu kriteria penilaian akreditasi tersebut.

“Kegiatan HMJ juga sangat mempengaruhi akreditasi karena seluruh kegiatan HMJmmenjadi salah satu dari bahan pengisian borang (formulir) di jurusan dan kegiatan yang kami masukkan itu adalah kegiatan yang sifatnya seminar kebetulan yang lalu jurusan kita ini menyelenggarakan kegiatan seminar nasional,” ungkapnya.

“Makanya saya berharap bahwa HMJ selalu berkolaborasi dengan jurusan terkait dengan kegiatan-kegiatan yang dikembangkan untuk bisa meningkatkan kualitas dari mahasiswa maupun pengurus HMJnya termasuk mereka juga diperankan sebagai monitoring pada saat dosen melaksanakan tugas dan fungsi mengajarnya,” tutupnya.

Penulis: Husain

Komentar

NEWS FEED