Kades Lebo Jaya Konsel Komitmen Bangun Desa hingga Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Pena Daerah186 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Lebo Jaya merupakan salah satu desa di Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara yang saat ini dipimpin oleh Syarifuddin, S.Sos, M.Si., selaku Kepala Desa. Sebagai Kepala Desa terpili yang baru dilantik pada 29 Agustus 2022, Syarifuddin berkomitmen akan menjalankan roda pemerintahan selama 6 tahun kedepan dengan lebih terbuka, transparan, dan akuntabel.

Program kerja yang akan dijalankannya nantinya semua akan mengacu pada hasil Musyawarah Desa (Musdes) yang diusulkan oleh masyarakat. Hal itu akan membuat semua masyarakat akan lebih percaya kepada Kepala Desa.

“In Syaa Allah kedepannya kita akan lebih transparan, kita jalankan amanah masyarakat dengan penuh tanggung jawab dan semua pekerjaan atau program tidak akan ada yang ditutup-tutup”, kata Syarifuddin, S.Sos, M.Si. kepada media ini, Senin, 29 Agustus 2022.

Selama kurang lebih 2 bulan menjabat, Syarifuddin telah menjalankan sejumlah program kerja yang dilanjutkan dari pemerintahan sebelumnya yaitu pembersihan halaman PAUD Desa, pembersihan trotoar desa, Pemberian makanan tambahan kepada balita di Posyandu, dan pembagian BLT Dana Desa.

“Terakhir kemarin kita pembersihan di dusun empat. Dan belum lama juga kami telah membagikan BLT kepada masyarakat penerima. Di sini (Desa Lebo Jaya) ada 77 Kepala Keluarga (KK) penerima BLT, 1 KK sebanyak Rp300 perbulan”, katanya.

Syarifuddin menjelaskan, mayoritas mata pencaharian penduduk Desa Lebo Jaya adalah petani palawija berupa sayur-sayuran dan kuli/tukang bangunan. Komoditas hasil pertanian ini sebagaian besar dijual di Kota Kendari.

“Dalam waktu dekat akan ada program ketahanan pangan, berupa bantuan ayam super, serta bantuan bibit sayuran”, akunya.

Lebih lanjut ia  mengatakan bahwa pada perayaan HUT Kemerdekaan RI baru-baru ini, Kegiatan Karang Taruna Kecamatan Konda bekerja sama dengan Karang Taruna Desa Lebo Jaya telah menggelar event olahraga berupa pertandingan bola voli putra-putri dan sepak bola. Hal itu merupakan wujud menyemarakan HUT RI serta menumbuhkan rasa nasionalisme atau cinta tanah air di tengah masyarakat.

Kemudian, dalam waktu dekat ini Syarifuddin mengaku akan berupaya membenahi semua sistem administrasi di Desa. Pasalnya, sejak ia dilantik tidak ada data-data yang diwariskan dari pemerintahan sebelumnya.

“Bumdes belum ada, in sya Allah ke depan akan segera dibentuk, termasuk Karang Taruna kita akan tata kepengurusannya”, kata Syarifuddin

Selanjutnya, terkait dengan rencana program fisik Syarifuddin mengungkapkan bahwa ada sejumlah rencana program fisik yang akan menjadi prioritas ke depannya diantaranya renovasi balai desa dan renovasi rumah tidak layak huni (RTLH).

“Jadi ke depan akan berusaha menjalankan roda pemerintahan sesuai dengan visi misi saya. Program fisik ke depan adalah rehab balaidesa. Jadi, balai desa akan kita rubah jadi balai pelatihan masyarakat. Kemudian masyarakat yang masih memiliki dinding papan akan di rehab. Masih ada sekitar 5 rumah yang tidak layak huni. Jadi nanti di pinggir jalan semua sudah tidak ada rumah papan,“ bebernya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dengan adanya program dana desa ini, Syarifuddin akan terus berupaya memaksimalkan program dan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Harapannya dengan adanya dana desa ini kita akan maksimalkan penggunaan nya untuk kesejahteraan masyarakat. Warga yang baru menikah dan belum punya rumah kita akan berikan bantuan rumah. Yang penting mereka sudah siapkan lahan dan sudah pondasi nanti kita akan bantu material bangunannya”, ungkap Syarifuddin.

Selain itu, dalam rangka menumbuhkan generasi berkhlakkul karimah dan menamkan nilai-nilai keagamaan, Pemerintah Desa Lebo Jaya terus menghidupkan kelompok pengajian. Saat ini ada 6 kelompok pengajian yang aktif di Desa Lebo Jaya.

“Termasuk majelis taklim, setiap malam Jumat menggelar yasinan. Jadi di lot, bagi yang jatuh namanya itu mi yang jadi tuan rumah”, katanya.

Penulis: Husai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *