oleh

Kendala Anggaran, Buteng Hanya Ikuti 4 Cabor di Porprov Kolaka

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BUTON TENGAH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Buteng hanya mengikuti empat cabang olahraga (cabor) dari 32 cabor yang dipertandingkan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII di Kabupaten Kolaka yang akan dilaksanakan pada Desember 2018 mendatang.

“Yang dianggarkan hanya Rp300 juta, makanya dengan pertimbangan itu kami dari pengurus KONI memutuskan hanya empat cabor yang diikuti dari 32 cabor yang diperlombakan,” kata Ketua KONI Buteng, H. Gani, saat ditemui seusai rapat paripurna DPRD Buton Tengah dalam rangka pengajuan dokumen KUA-KPPS APBD tahun anggaran 2019, Rabu 28 November 2018.

Menurut politisi partai berlambang Ka’abah tersebut, dari total anggaran yang dikucurkan oleh pemkab mengaku masih kurang untuk membiayai atlet dari empat cabor yang diikuti.

“Dari total anggaran yang diberikan itu dalam hitungan kami masih kurang yakni sejumlah Rp105 juta. Itupun kami sudah di pres,” akunya.

Caleg DPRD Buteng dapil Kecamatan Lakudo (Buteng 1) ini berharap, kedepannya Pemkab Buteng tidak memandang sebelah mata dari kegiatan-kegiatan KONI. Minimal KONI dapat dianggarkan sekurang-kurangnya Rp500 juta.

“Tahun-tahun mendatang kita ada kejuaraan seperti di Makassar, di Kendari, di Jakarta dan itu kita akan ikuti. Koni juga inikan untuk mengharumkan nama daerah dan memperkenalkan Buteng pada dunia luar,” harapnya.

Meski tak semua cabor di Porprov diisi atlet Buteng, ia tetap berharap dengan kontingen yang ada mampu membawa pulang medali melalui prestasi gemilang.

“Maunya kita bisa ikut semuanya cabang, tapi keterbatasan dana itu. Tapi kami tetap optimis dari empat cabor yang di ikuti itu dapat mengharumkan nama daerah ini,” tambah H. Gani.

Untuk diketahui, dari total 32 cabor dipertandingkan di Porprov Sultra Buteng hanya mengutus sebanyak 25 atlet yang akan mengisi cabor sepak bola, 24 atlet cabor karate, 15 atlet cabor taekwondo, dan 14 atlet cabor renang.(b)

Penulis: Amrin Lamena
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED