oleh

Kepala BPVP Kendari Antar Langsung Siswa Pelatihan Las yang Magang di PT VDNI Morosi

-Pena Kendari-182 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak 14 orang Siswa Program Pelatihan Las SMAW 3G Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari, laksanakan On the Job Training (OJT) atau magang di PT. Virtue Dragon Nikel Industri (VDNI) yang diantar langsung Kepala BPVP Kendari Dr La Ode Haji Polondu, Rabu, 25 Mei 2022.

Pelaksanaan OJT tersebut akan dilaksanakan selama 20 hari kerja, sebagai bagian memparipurnakan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki para siswa setelah mengikuti pelatihan berbasis kompetensi di BPVP Kendari.

“Ini merupakan program kerja dari proses pelatihan yang ada di BPVP Kendari, dimana setiap pelatihan yang telah selesai akan dilanjutkan dengan magang atau OJT di berbagai perusahaan, untuk memberikan pengalaman kerja bagi setiap siswa sesuai program pelatihan yang diikutinya,” kata Kepala BPVP Kendari  Dr La Ode Haji Polondu.

Ia menjelaskan, penempatan siswa Las SMAW 3G di PT VDNI juga bagian dari tindak lanjut atas Memorandum of Understanding (MoU) antara BPVP Kendari dan PT VDNI yang kami tanda tangani bersama di Hotel Claro Kendari pada tanggal 27 November 2021 yang lalu.

“Siswanya kami antar langsung untuk menunjukkan keseriusan kami dalam menindak lanjuti MoU yang telah kami sepakati dengan pihak PT VDNI dan sekaligus sebagai bentuk perhatian dan kasih sayang kami terhadap para siswa sebagai pengganti orang tua kandung mereka,” jelasnya.

Atas hal itu, mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) berharap kepada para siswa yang OJT atau magang agar benar-benar memanfaatkan waktunya dengan baik, menerapkan ilmu keterampilan yang dimiliki, bersikap dan berperilaku baik, jujur, menjaga kekompakan sesama teman kerja, serta saling memotivasi dan saling menguatkan antara satu dengan yang lain.

“Saya berharap selama magang di sini, anak-anak saya ini bisa lebih disiplin, menjaga sopan santun, mematuhi budaya kerja di PT VDNI ini, menerapkan ilmu dan keterampilannya secara maksimal, menghormati pimpinan atau atasan dan menghargai sesama rekan kerja. Dengan sikap yang baik dan bekerja penuh disiplin dengan niat untuk meningkatkan produktivitas perusahaan maka saya yakin setelah usai magang atau OJT, kalian bisa langsung diterima kerja di PT VDNI ini,” tandasnya.

Sementara itu, Petugas Rekruitmen PT. VDNI, Deanda yang mewakili Pimpinan PT. VDNI menyambut para siswa magang dan berharap memanfaatkan waktu magang dengan sebaik-baiknya.

“Para siswa akan dibimbing selama magang di sini dan kami sudah siapkan dua orang pembimbing,” tuturnya.

Pemilik sapaan akrab Dea ini memaparkan, untuk penempatan, para siswa akan bekerja di departemen workshop bagian walder, dengan jam kerja selama delapan jam, waktu libur selama dua hari yaitu sabtu dan minggu, dan waktu istirahat kerja selama dua jam dalam sehari. Selama para siswa magang akan  diberikan uang makan dan biaya transport setiap hari kerja oleh PT VDNI yang akan dibayarkan sekaligus setelah para siswa selesai mengikuti program magang atau OJT di PT VDNI Morosi Kabupaten Konawe.

“Setelah 20 hari magang, kami akan melihat dan menilai kemampuan dan kedisiplinan para siswa untuk kemudian merekrutnya menjadi karyawan di PT VDNI. Bagi yang tidak memenuhi hal itu, akan kita tempatkan di bagian lain sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Jadi, intinya siswa yang magang di sini akan kami terima semua sebagai karyawan, tapi penempatannya akan kami sesuaikan dengan kemampuan mereka. Kepada para siswa peserta magang akan diberikan uang makan dan biaya transport setiap hari kerja oleh PT VDNI yang akan dibayarkan sekaligus setelah para siswa selesai mengikuti program magang atau OJT di PT VDNI ini,” tutupnya.

Untuk diketahui, selain Kepala BPVP Kendari Dr La Ode Haji Polondu, para siswa magang juga turut diantar oleh Sub Koordinator Seksi Pemberdayaan BPVP Kendari Ir Nurjayanti, Sekretaris Pimpinan, Humas dan empat orang staf BPVP Kendari.

Editor: Husain

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait