oleh

Kodim 1416/Muna Gandeng Bidan Desa Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BUTUR – Satuan Tugas (Satgas) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 1416/Muna bersama petugas kesehatan Butur menggelar aksi sosial pelayanan kesehatan gratis, Senin 5 Agustus 2019.

Kegiatan ini dipusatkan Pos Kesehatan Desa Banu-banua Jaya, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara (Butur).

Anggota Satgas TMMD Ke-105 Kodim 1416/Muna, Serma Salam mengatakan, layanan kesehatan yang diberikan bertujuan untuk menekan angka kamatian ibu hamil dan nifas. Selain itu menurunkan angka kematian dan kecacatan bayi.

“Pemeriksaan kehamilam itu penting, disamping cek kesehatan ibunya juga bayinya. Pentingnya pemeriksaan kehamilan ini merupakan cek dini dan cegah dini,” jelas Serma Salam disela sela kegiatan pelayanan kesehatan gratis.

Baca Juga:  Kerja Keras ABR Wujudkan Butur yang Aman Berbudaya dan Religius

Anggota Satgas TMMD ini juga berharap agar masyarakat khususnya ibu hamil selalu peduli terhadap kesehatan.

“Jangan pernah malas untuk konsultasi ataupun cek kesehatan, karena kesehatan itu mahal,” ucap Salam.

Senada Bidan Puskesmas Kulisusu,Karmila mengatakan, cek dan pencegahan dini kesehatan ibu dan kandunganya merupakan langkah untuk mengantisipasi penyakit yang diderita pada saat mengandung.

Baca Juga:  Polres dan Kodim 1416 Muna Siap Amankan Pemilu Serentak

Selain itu, pemeriksaan kesehatan secara berkala juga penting untuk memberikan asupan gizi bagi ibu dan bayinya. Sehingga nantinya proses persalinan bisa berjalan lancar.

“Tujuannya tidak lain guna mencegah susahnya melahirkan, menyambut kelahiran bayi dengan semangat dan mempersiapkan ASI untuk bayi,” tutur Karmila.

Kegiatan TMMD di Butur ini, diapresiasi oleh warga. Pasalnya selain kegiatan sosial kemasyarakatan, satgas TMMD juga tampak sangat kompak bersama masyarakat.(b)

Penulis: Iyet La Ode
Editor: Faisal

NEWS FEED