oleh

Konsel Mulai Banjir, Pelayanan Kesehatan Puskesmas Ranomeeto Barat Terganggu

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KONSEL – Tingginya intensitas curah hujan sejak awal Juni 2019 tidak hanya menyebabkan banjir di Konawe Utara, Konawe, Kolaka Timur dan Kota Kendari. Namun sejumlah desa di Kabupaten Konawe Selatan mulai terendam banjir dengan ketinggian air satu hingga dua meter.

Terdapat tiga desa di Konsel yang mulai direndam banjir yakni Desa Tunduno, Desa Laikandonga dan Desa Boro Boro Lameuru. Akibatnya, sejumlah pegawai puskesmas Kecamatan Ranomeeto Barat mulai kesulitan memberikan pelayanan kesehatan. Pasalnya tiga desa ini merupakan akses utama menuju puskesmas.

Baca Juga:  Ali Mazi Diminta Segera Evaluasi Penyebab Banjir di Sultra

Kepala Puskesmas Ranomeeto Barat, Dadang Saputra, mengaku pihaknya menggunakan rakit untuk transportasi ke Puskesmas. Ia mengaku, air mulai menggenang sejak dua hari lalu.

“Sejak kemarin kami sudah tidak bisa menyebrang, akan tetapi kami tetap mencari jalan alternatif yaitu dengan cara menggunakan rakit sebagai transportasi untuk menuju Puskesmas,” ungkapnya.

Baca Juga:  Kemensos RI Bantu Korban Bencana Banjir dan Konflik Sosial di Sultra

Pantauan PENASULTRA.COM, Selasa pagi 11 Juni 2019, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Konsel, tampak sudah siap siaga di wilayah ini rawan bencana banjir dengan melakukan pendataan dan evakuasi terhadap sejumlah korban banjir.

“Alhamndulilah hari ini, BNPB Konsel sudah menyiapkan tenda pengungsian dan memberikan fasilitas perahu karet untuk mudahkan pelayanan pusjesmas,” tukasnya.(b)

Penulis: Zulkarnain
Editor: Mil

NEWS FEED