oleh

KPU Baubau Gencarkan Sosialisasi GMHP

PENASULTRA.COM, BAUBAU – Untuk melindungi hak pilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau menggelar sosialisasi gerakan melindungi hak pilih (GMHP) di pelataran Kotamara Kelurahan Nganganaumala, Kecamatan Batupoara beberapa waktu lalu.

Kordiv Perencanaan Data dan Informasi, Muhammad Mukmin Fahimudin mengungkapkan, kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan menyebar dan membagikan brosur yang berisi informasi GMHP.

“Sebanyak 17 orang anggota sekretariat yang menyebar brosur di tengah keramaian Baubau Expo,” katanya, Senin 15 Oktober 2018.

Dalam sosialisasi ini, kata dia, pihaknya juga menunjukkan cara mengakses data pemilih yang dapat dilakukan secara manual dengan mendatangi kantor kelurahan atau desa dengan mengecek pengumuman DPT.

Baca Juga:  Jelang Debat Calon Walikota 12 Mei, Ini Dia Persiapan KPU Baubau

“Kemudian kita menunjukkan juga bagaimana menggunakan gadget yang dicek melalui laman www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id serta download aplikasi mobile KPU RI PEMILU 2019 di App Google Play bagi pengguna android,” ujarnya.

Menurutnya, selain penyebaran brosur, sebelumnya pihaknya telah memasang spanduk informasi GMHP dibeberapa tempat strategis di Kota Baubau.

“Agar dapat dilihat oleh masyarakat dan melalui siaran radio juga pengumuman telah kami lakukan,” bebernya.

Saat ini, tambahnya, telah ada 52 posko layanan GMHP yang dibentuk dan tersebar di 43 kelurahan, delapan kecamatan serta satu posko utama berada di kantor KPU Kota Baubau.

Baca Juga:  Jelang Debat Calon Walikota 12 Mei, Ini Dia Persiapan KPU Baubau

Posko layanan ini ada hingga 28 Oktober mendatang.

Ia menghimbau, seluruh masyarakat datang dan memastikan diri dan keluarganya terdata dengan benar dalam DPT.

“Syaratnya membawa foto copy KTP elektronik atau KK serta dapat diakses melalui gadget melalui aplikasi KPU. Sehingga mendapatkan DPT Kota Baubau yang bersih dan berkualitas,” tutupnya.(b)

Penulis: Jelita Sri Rahayu
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED