oleh

KPU Butur Pantau Pemasangan Pengumuman DPT

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BUTON UTARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Utara (Butur) telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2019. Selanjutnya, usai tahapan penetapan tersebut, Panitia Pemungutan Suara (PPS) melanjutkan dengan menempel pengumuman DPT di lokasi-lokasi strategis di setiap desa dan kelurahan.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab penyelenggara Pemilu untuk memperpanjang akses masyarakat yang ingin mengetahui namanya terdaftar atau tidak terdaftar di dalam DPT.

Guna melihat perkembangan pasca pengumuman DPT itu, Selasa 28 Agustus 2018, KPU melalui Komisioner Divisi Data LM Miswar Adhi Putra bersama Komisioner Divisi Teknis Muh Sairman Sahadia dan tim dari KPU Butur lainnya melakukan pemantauan langsung di sejumlah desa dan kelurahan.

Baca Juga:  Dukcapil Bandar Lampung Akui Buat Tiga E-KTP untuk Tiga WNA

LM Miswar Adhi Putra mengatakan, pemasangan DPT ini bukan hanya sekedar untuk formalitas yang tidak ada tindak lanjut setelahnya.

“Makanya kami turun pantau dilapangan, memastikan DPT tersebut dipasang dilokasi strategis yang dapat dijangkau masyarakat, seperti balai desa atau tempat umum lain yang biasanya menjadi tempat berkumpulnya masyarakat setempat,” kata Komisioner KPU Divisi Data tersebut.

Baca Juga:  Sulkarnain Ingatkan ASN Kendari Taat Pada UU Pemilu

Selain memonitor pelaksanaan pengumuman, kata dia, pihaknya juga memastikan apakah ada protes dari masyarakat atas kesalahan penulisan dan nama ganda di DPT atau tidak.

Bukan hanya itu, KPU juga memastikan apakah nama pemilih yang tercantum dalam DPT masih berdomisili di desa setempat atau sudah pindah dengan alasan mencari kerja atau merantau ke daerah lain, bahkan ke luar negri.

“KPU mau memastikan seperti apa pelaksanaan pengumuman DPT dan respon masyarakat atas hal tersebut,” tekan Miswar.(b)

Penulis: La Ode Iyet

Komentar

NEWS FEED