oleh

KPU Kendari Mulai Rakit 4.960 Kotak Suara

PENASULTRA.COM, KENDARI – Sejak tiba di Kendari beberapa waktu lalu, sebanyak 4.960 kota suara berbahan kertas mulai dirakit oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari.

Ketua KPU Kendari, Jumwal Saleh mengungkapkan, selama dua hari melakukan perakitan, pihaknya sudah menyelesaikan lebih dari 400 kotak suara. Padahal, jadwal yang diberikan KPU RI untuk merakit kotak suara dimulai sejak 1 hingga 28 Februari 2019.

“Dengan demikian, kita optimis belum cukup satu bulan sudah selesai perakitan kotak,” ujar Jumwal di sela-sela kegiatan perakitan kotak suara di gudang KPU Kendari, Rabu 6 Februari 2019.

Baca Juga:  KPUD Mubar Sasar Pemilih Perempuan di Desa Tanjung Pinang

Jumwal mengaku, pihaknya tidak menemui kendala berarti dalam proses perakitan kotak suara. Sebab, KPU Kendari telah menerima buku petunjuk perakitan kotak suara dari KPU RI.

“Kan sudah ada buku petunjuk perakitannya. Jadi tidak sulit,” ungkapnya.

Dari Hasil Pleno Kedua (HP2) Daftar Pemilih Tetap (DPT), menurut mantan pimpinan redaksi media cetak di Kendari ini, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kendari sebanyak 4.971. Dengan kondisi yang ada itu, pihaknya masih kekurangan enam kotak suara.

“Kekurangan ini kita sudah laporkan ke KPU RI. Jadi sekarang ini sementara dibuat kembali dan nanti disalurkan bersamaan dengan surat suara,” tutur Jumwal.

Baca Juga:  Kalau Terpilih, Dewi Kartika Janji Perjuangkan Kesejahteraan Petani di Kendari

Hingga saat ini, tambah pria yang akrab disapa Alex ini, kondisi kotak suara yang tersimpan di gudang masih dalam kondisi baik. Hanya saja, pihaknya merasa kesulitan memobilisasi kotak suara dikarenakan faktor cuaca.

“Standarisasi perawatannya juga sudah ada petunjuknya, berkaitan dengan kelembabannya, kemudian kita juga lakukan imunisasi anti rayap seminggu sekali,” pungkasnya.(b)

Penulis: La Ode Muh. Faisal
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED