oleh

LAT Sara Barata Kulisusu Gelar Acara Poriwangaano Lipu

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BUTON UTARA – Lembaga Adat (LAT) Sara Barata Kulisusu menggelar acara Poriwangaano Lipu. Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan usai perayaan hari raya Idul Fitri yang dipusatkan di Baruga Keraton Lipu, Desa Wasalabose, Kecamatan Kulisusu, Buton Utara (Butur).

Tradisi tahunan tersebut merupakan bentuk rasa syukur serta upaya pelestarian budaya tari Lense. Disamping itu, sebagai ajang silahturahmi bagi masyarakat usai melaksanakan puasa ramadan sebulan penuh.

Acara dengan menampilkan tari Lense ini merupakan utusan dari para petinggi adat yang terdiri dari Lakino, Kenepulu, Lakino Agama, Kapitano Lipu, Kapitano Tabandara, para Bonto, Mansuana, Lakino Agama dan Imamu.

Ketua Lembaga Adat Sara Barata Kulisusu Laode Umar, M saat ditemui awak media mengatakan, acara itu rutin dilaksanakan setiap selesai hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha. Menurutnya, tari Lense bertujuan untuk melestarikan budaya.

“Acara itu merupakan hiburan rakyat untuk saling bersilahturahmi dan memperkokoh persaudaraan,” ungkapnya, Kamis 15 Juni 2018.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Butur Harlin Hari membenarkan jika acara itu sebagai upaya pelestarian budaya dan rasa syukur telah melaksanakan puasa ramadan sebulan penuh lamanya.

“Sudah menjadi rutinitas kita setiap tahunnya. Tidak lain hanya untuk pelestarian budaya daerah,” ujar Harlin.

Untuk diketahui, acara itu turut dihadiri Bupati Butur Abu Hasan, para pimpinan OPD dan ketua Tim penggerak PKK Butur Dra Hj Sitti Rabiah Abu Hasan.(b)

Penulis: Iyet Laode
Editor: La Basisa

Komentar

NEWS FEED