oleh

Lestarikan Teluk Kendari, DLHK Usul Satu Kapal Pengangkut Sampah

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Dalam rangka menjaga kelestarian kebersihan teluk dari persoalan sampah yang berada dipermukaan air, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mengusulkan satu unit kapal pengangkut sampah.

Hingga saat ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, telah berupaya mengangkut sampah disepanjang teluk. Namun kendala yang dihadapi belum maksimalnya sarana pengangkut sampah.

“Kita telah rutin mengangkut sampah di teluk Kendari. Hanya memang kurang maksimal, karena belum memiliki kapal pengangkut. Kita berharap usulan ini bisa terealisasi tahun 2020 mendatang,” ungkap Paminuddin, Kepala DLHK Kota Kendari, Sabtu 20 Juli 2019.

Baca Juga:  Selama Ramadhan, Volume Sampah Kendari Meningkat 410 Ton Perhari

Paminuddin mengatakan, selain kapal pengangkut, pihaknya juga merencanakan untuk mengusulkan pengadaan jaring sampah.

“Jaring itu berguna menyaring sampah plastik dari sungai bisa tertahan dan tidak sampai mengotori laut Kendari. Rencananya akan dipasang di muara sungai,” ujar mantan Sekdis Sosial Kota Kendari ini.

Baca Juga:  DLHK Kendari Tutup Arena Outbond Flying Fox di Kawasan TPA

Paminuddin menuturkan, persoalan kebersihan ini bukan hanya menjadi tugas DLHK saja, namun harus melibatkan peran seluruh masyarakat kota. Salah satunya dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat khususnya di sungai.

“Sudah ada TPS bagi masyarakat yang akan membuang sampah. Jangan lagi dibuang di sungai apalagi di laut,” tekan Paminuddin.(b)

Penulis: Clara Sinthia
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED