oleh

Mahasiswa USN Dituntut Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KOLAKA – Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Dr Azhari mengimbau agar seluruh civitas akademika, khususnya para mahasiswa lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan di era Revolusi Industri 4.0 ini. Mahasiswa ditantang agar memiliki jiwa kewirausahaan untuk menciptakan lapangan kerja baru.

“Ke depan kita masih harus bergulat untuk mengatasi banyak tantangan, di antaranya pemberantasan korupsi, penguatan daya saing serta revolusi industri 4.0. Tantangan ini tidak boleh menjadi aral semangat, karena harus yakin sepanjang kita bersatu, bergotong royong, dan bersungguh-sungguh untuk bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja amanah pada bidang masing-masing, maka kita akan mampu menjawab tantangan ini,” kata Azhari dalam sambutannya saat upacara peringatan HUT RI ke-73 di pelataran rektorat USN, Jumat 17 Agustus 2018.

Baca Juga:  185 Peserta CPNS Beradu Nasib di USN Kolaka

Azhari mengungkapkan, menghadapi revolusi industri 4.0, mahasiswa dituntut tidak hanya menggunakan literasi lama yang hanya mengandalkan baca, tulis, dan matematika. Tetapi, harus diperkuat dengan literasi baru yaitu literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia.

“Ketiga literasi baru ini perlu dikuasai oleh semua lulusan perguruan tinggi di Indonesia, termasuk USN Kolaka,” terangnya.

Untuk menanamkan literasi itu, tambah rektor PTN termuda se Indonesia ini, para dosen, guru maupun tenaga kependidikan juga harus meningkatkan kualitasnya. Terutama skil kepemimpinan dan kerja sama tim, serta mampu beradaptasi dengan adanya teknologi baru dan tantangan global.

Baca Juga:  Soal Skorsing Mahasiswa, Dekan FH USN Kolaka: Itu Sesuai Aturan Akademik

“Dengan penguatan ini, saya yakin kita mampu melewati tantangan revolusi industri 4.0 dan Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki daya saing tinggi,” ujarnya.

Pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 di kampus Merah Maron itu berlangsung khidmat. Upacara diikuti ratusan civitas akademika USN Kolaka. Seusai upacara, Rektor bersama civitas menggelar acara potong tumpeng sebagai wujud syukur atas peringatan HUT Kemerdekaan tahun ini.(b)

Penulis: Kaulia Akansoro
Editor: Ridho Achmed

Komentar

NEWS FEED