oleh

Maju Pilkada Konsel, Asrin Jadi PAW Rasyid di DPRD Sultra

-Pena Politik-1.042 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Rasyid, mencalonkan diri sebagai wakil bupati mendampingi Surunuddin Dangga di Pilkada Konawe Selatan (Konsel) 2020.

Dengan majunya Rasyid sebagai calon wakil Bupati di Pilakada Konsel itu mengharuskan dia mundur dari jabatannya sebagai anggota DPRD Sultra. Kini ia digantikan oleh Asrin sebagai pemilik suara terbanyak kedua Daerah Pemilihan (Dapil) Konsel-Bombana melalui Pergantian Antar Waktu (PAW).

Plt Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Sultra, menjelaskan jika proses PAW ini diatur dalam UU No 17 tahun 2015 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3).

Dalam pasal 242 UU No 17 tahun 2015 menyebut, anggota DPR yang berhenti antar waktu digantikan oleh calon anggota DPR yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari partai politik yang sama pada dapil yang sama.

“Dari perhitungan suara di KPU kan sudah jelas Asrin menempati posisi kedua perolehan suara,” kata Yaudu, Jumat, 2 Oktober 2020.

Mantan anggota DPRD Sultra ini menegaskan, proses PAW sudah ia tandatangani dan melalui sekretarisnya menyerahkan ke Sekretariat DPRD Sultra untuk ditindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku.

“Sedang di proses oleh DPRD,” tutupnya.

Adapun urutan perolehan suara PKS di dapil Konsel-Bombana sesuai dengan data yang tampak dari situs KPU pada Pemilu 2019, Rasyid menempati posisi pertama dengan jumlah suara sebesar 16.697 suara. Menyusul nama Asrin yang meraih 987 suara.

Selanjutnya berturut berdasarkan raihan suara ada M Aras Tarika dengan jumlah 785 suara, La Oke, 642 suara, Baiq Saidah Har 528 suara, Sabir Munandar, 289 suara, Purwati 247 suara, dan Rosida R 164 suara.

Untuk diketahui, Rasyid mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Konsel mendampingi petahana Surunuddin Dangga, didukung lima partai politik yakni Partai Golkar, PKS, PKB, NasDem, dan PBB.

Sementara itu, Asrin saat dikonfirmasi awak media ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh relawan dan masyarakat Kabupaten Konsel dan Kabupaten Bombana yang telah memberikan dukungan kepada PKS.

“Izinkan saya dalam kesempatan ini, menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada masyarakat Bombana dan Konsel yang telah memberikan amanah kepada PKS sehingga menjadikan saya sebagai wakil rakyat di DPRD Sulawesi Tenggara dan mohon doa dan suportnya agar bisa mengemban amanah ini”, imbuhnya.

Menurutnya, keberhasilan yang dicapai pada Pemilu 2019 itu merupakan keberhasilan PKS dan para tim, serta masyarakat Bombana dan Konsel.

“Dan semoga pak Rasyid dan pak Surunuddin bisa berhasil memenangkan pertarungan di Pilkada Konsel”, pintanya.

Penulis: Husain

NEWS FEED