oleh

Masyarakat Jompi Tegaskan Dukungan ke Rajiun Tumada Untuk Maju di Pilkada Muna

PENASULTRA.COM, MUNA – Bupati Muna Barat (Mubar) LM Rajiun Tumada hadiri acara buka bersama (Bukber) dan silaturahim yang digelar masyarakat Jompi, Kecamatan Katobu, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu 22 Mei 2019.

Walau seharian hujan mengguyur Kota Raha, namun tak menyurutkan niat ratusan warga Jompi dan sekitar untuk hadiri silaturahim ini.

Wakil Bupati Mubar Achmad Lamani, dan mantan Wakil Bupati Muna La Bunga Baka juga turut serta dalam buka puasa ini.

LM Rajiun Tumada mengaku, kedatangannya ini bukan atas nama jabatan sebagai Bupati Mubar, melainkan kehadirannya tersebut, karena undangan masyarakat Jompi dan keluarga di wilayah itu.

Menurut mantan Kasat Pol PP Sultra itu, Muna dan Mubar terpisah secara administrasi pemerintahan, namun dari sisi adat dan budaya, masyarakat Muna dan Mubar adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan sebagai masyarakat suku Muna yang lahir dari empat pilar besar yakni “Fatoghoerano” atau empat daerah penyangga yakni Tongkuno, Barangka, Kabawo, dan Katobu.

“Kepada sahabat-sahabat saya, para pemuda, orang tua saya di wilayah Jompi dan sekitarnya, saya mengucapkan trimakasih telah mengundang saya secara pribadi,” kata LM Rajiun dihadapan tamu undangan pada acara bukber di Jompi, Rabu 22 Mei 2019.

Kata Bupati Rajiun, “Fatoghoerano” adalah wujud pemersatu dalam rangka mengikat silaturahim masyarakat Muna dan Mubar yang dipegang teguh oleh para pendahulu.

“Sebagai bagian dari kekuatan besar, Jompi dan sekitarnya, jangan tinggalkan LM Rajiun Tumada,” pintahnya yang disambut tepuk tangan tamu undangan.

Salah seorang tokoh pemuda Jompi Jamil yang ditemui di okasi mengungkapkan, undangan Bukber ini dua kali dilayangkan kepada orang nomor satu di Mubar itu, namun karena padatnya undangan yang serupa, maka baru sempat mengahdiri bukber yang digelar disalah satu rumah warga tersebut.

“Dua kalimi kita undang beliau (LM Rajiun), tapi karena padatnya jadwal maka baru kali ini beliau baru bisa hadir. Alhamdulillah, biar hujan undangan banyak yang datang,” ungkap Jamil.

Sekedar diketahui, pada silaturahim tersebut tokoh pemuda dan masyarakat Jompi juga mengucapkan pernyataan sikap atas dukungannya terhadap LM Rajiun Tumada pada Pilkada Muna 2020 mendatang.(b)

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Kas

NEWS FEED