oleh

Meriahkan Hari Remaja Internasional, BKKBN Sultra Kembangkan Kreatifitas Remaja

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Setiap 12 Agustus, dunia memperingati International Youth Day atau Hari Anak Internasional.

Tak mau ketinggalan, Sulawesi Tenggara (Sultra) juga ikut memeriahkannya. Melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sultra, menggelar lomba kreatifitas remaja.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKKBN Provinsi Sultra, Mustakim mengatakan, pihaknya merayakan Hari Anak Nasional dengan memilih program pengembangan kreatifitas remaja.

Sebab, remaja merupakan penerus bangsa yang punya kreativitas untuk membentuk kepribadian yang handal.

“Meski hari ini peringatannya, tapi kami lakukan perayaannya kemarin dengan menggelar lomba-lomba deperti lomba fashion busana daur ulang dan lomba Beatbox atau musik dari mulut,” katanya, Minggu 12 Agustus 2018.

Baca Juga:  La Ode Mustari: Pendidikan Karakter Anak di Mulai dari Keluarga

Menurutnya, kegiatan yang baru pertama kali dilakukan di Sultra ini, diharapkan dapat terus terlaksana. Apalagi, kegiatan ini positif untuk mengembangkan minat dan bakat anak-anak.

Dalam Kesempatan tersebut pula ia menjelaskan mengenai, bonus demografi. Katanya, sebentar lagi Indonesia memasuki tahun-tahun penting datangnya puncak bonus demografi, yakni antara tahun 2020 hingga 2030.

Disebut sebagai “bonus” karena lebih dari 50 persen penduduk berada di usia produktif. Kondisi ini bisa menjadi berkah dan bisa menjadi malapetaka.

“Bonus demografi merupakan suatu fenomena, di mana struktur penduduk sangat menguntungkan dari sisi pembangunan. Sebab jumlah penduduk usia produktif sangat besar, sementara proporsi usia muda semakin kecil dan proporsi usia lanjut belum banyak,” jelasnya.

Baca Juga:  Sosialisasikan KKBPK, BKKBN Sultra Gelar Kuliah Umum di Poltekkes

“Bisa menjadi berkah jika usia produktif ini benar-benar produktif. Jadi, tidak ada yang nganggur, punya skil, punya pendidikan yang pas, punya keterampilan. Makanya kita menyiapkan wahana atau medianya seperti kegiatan ini untuk memfasilitasi anak-anak remaja untuk menunjukan kreasinya,” ujarnya.

Untuk diketahui, kegiatan dengan tema “remaja sehat, remaja produktif, remaja berencana untuk Indonesia emas” ini diikuti oleh anak-anak mahasiswa serta pelajar tingkat SMP dan SMA.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Kas

Komentar

NEWS FEED