oleh

Minggu Tenang, AMAN Center Siagakan Satgas Anti Money Politik

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, MUNA BARAT – Tahapan pelaksanaan pemilihan gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara kini mulai memasuki masa krusial. Hari H pemilihan digelar tinggal sepekan lagi. Yakni, 27 Juni 2018 mendatang.

Tim pasangan calon (paslon) Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) siaga pada basis masing-masing.

Bukan hanya tim, relawan yang tersebar disemua wilayah juga ikut difungsikan untuk menjaga dugaan berbagai modus tim paslon lain.

Direktur AMAN Center, La Ode Rahmat Apiti mengatakan, pekan ini pihaknya fokus menjaga basis masing-masing. Ada tim yang bekerja secara terbuka, dan ada pula yang bekerja senyap.

“Minggu tenang ini kami perkirakan akan terjadi berbagai modus tim paslon lain untuk mendapatkan suara. Money politik masih menjadi senjata pamungkas paslon lain. Kami sudah mencium arah pergerakan tim paslon lain yang akan menggunakan kori (uang),” kata Rahmat, Selasa 19 Juni 2018 malam.

Baca Juga:  Dalami Sumber Dana Suap ADP, KPK Garap Dua PPTK Pemkot Kendari

Rahmat mengaku, tim AMAN Center sudah memetakan daerah-daerah serta tempat pemungutan suara (TPS) yang rawan akan jadi sasaran money politik. Bahkan pihaknya telah mengantongi nama-nama oknum eksekutor politik yang saat ini telah diintai pergerakannya.

“Untuk mengantisipasi terjadinya praktek money politik dan kecurangan lainnya AMAN Center akan menggelar apel siaga satgas anti money politik,” ujarnya.

Rahmat menyebut, anggota satgas mulai siaga di lapangan. Ada pula yang stand by di posko-posko khusus memantau kondisi di lapangan. Semenjak posko diaktifkan, kata dia, masyarakat mulai berdatangan melaporkan hal-hal yang mencurigakan.

Baca Juga:  DPD RI Pantau Langsung Pencoblosan Serentak di Sultra

“Jika nanti ada yang didapatkan saat operasi tangkap tangan (OTT) di lapangan, kami akan mengkoordinasikannya dengan pihak yang berwenang. Kami tidak akan main hakim sendiri,” bebernya.

Dengan tegas, Rahmat menuturkan, kalau ada paslon lain yang coba menggunakan uang, pasti akan berhadapan dengan satgas AMAN Center di lapangan. Untuk itu ia menghimbau pada minggu tenang, agar semua pihak menjaga situasi yang kondusif.

“Situasi darurat satgas akan siaga 24 jam, bekerja melakukan pemantauan. Jangan coba-coba menghalalkan segala cara untuk memenangkan paslonnya. Dan yang pasti AMAN akan menggunakan cara-cara yang beretika dan tidak melanggar aturan,” tegas Rahmat memungkasi.(b)

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Ridho Achmed

Komentar

NEWS FEED